, TEROBOS.ID – Setelah sekian lama (Koltim) mengalami kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif pasca berakhirnya jabatan almarhum Eko Santoso Budiarto Saula sebagai Sekda defenitif dan beberapa kali pergantian Penjabat sementara, kini Koltim akhirnya memiliki Sekda yang definitif.

Setelah Andi Muh. Iqbal Tongasa resmi di lantik menjadi Sekda definitif oleh Pj , Ir. H. M.Si di Aula Pemda Koltim, Selasa (14/6/2022).

Diketahui, dan pengambilan Sumpah Jabatan Sekretaris daerah Timur yang di gelar hari ini merupakan tindak lanjut dari Hasil SeleksiTerbuka yang telah dilaksanakan pada tahun 2021 lalu.

“Pelantikan hari ini guna untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah di Kolaka Timur,” jelas Sulwan melalui sambutannya.

Ia juga menyebutkan, bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama ini dilaksanakan berdasarkan tiga surat rekomendasi yakni,

Baca Juga:  Peringatan HUT Buton dan Pasarwajo, Ini Harapan kepada Pemerintah se-Indonesia

Pertama, Surat Ketua Komisi Nomor B-3279/KASN/9/2021 tanggal 24 September 2021 perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama Sekretaris Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

Kedua, Surat Nomor 821/5700/SJ tanggal 11 Oktober 2021 perihal persetujuan pengangkatan dan pelantikan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur.

Ketiga, Surat Gubernur Nomor 133.74/2357 tanggal 17 Mei 2022 perihal rekomendasi persetujuan pengangkatan dan pelantikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur.

“Sekda adalah jabatan yang sangat strategis dalam dan mengemban tugas yang berat dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, yaitu membantu Bupati dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan Pemerintahan Daerah,”terangnya.

“Selain itu memimpin, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan tugas Sekretariat Daerah dan seluruh perangkat daerah,”sambungnya.

Baca Juga:  Walikota Pagar Alam Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Kata dia, dalam menjalan tugas dan peran yang penting, maka pijaknya berharap agar Sekretaris Daerah mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Dan segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kerja dalam jabatan yang baru sehingga visi dan misi mensejahterakan masyarakat Koltim yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan dapat terwujud,”imbaunya.

Penjabat orang nomor satu di Koltim ini, mengatakan, bahwa tantangan pembangunan kedepan Kabupaten Kolaka Timur akan semakin berat, Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada Sekretaris Daerah yang baru dilantiknya agar mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

“Masih Banyak pekerjaan rumah yang harus kita bereskan bersama demi mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur yang berdaya saing, maju dan sejahtera,”tuturnya.

Baca Juga:  Pj Bupati Koltim Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan pada Pembukaan Turnamen Sepak Bola

Kata dia, untuk mewujudkan pelayanan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur, maka pihaknya mengajak kepada semua unsur aparatur negara dan abdi masyarakat, agar terus membangun kualitas pribadi yang memiliki pola sikap disiplin dan jujur.

“Pola pikir cepat dan inovatif, sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan prima dalam suatu tatanan organisasi pemerintahan yang baik,”harapnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan ini urut hadir, Sekretaris Daerah , pimpinan , Forkompinda Koltim, Kepala Badan Kepegawaian Sultra, Ketua TP-PKK Koltim, para staf beserta para asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, organisasi Kabag, dan camat se-Kabupaten Koltim, panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda.

Reporter : Darson