BONE, TEROBOS.ID – Momen sekaligus menjelang Idul Fitri membawa berkah bagi banyak orang, termasuk para penjahit pakaian.

Orderan mereka mengalami peningkatan secara signifikan bila dibanding dengan hari biasa.

Hal ini terjadi seiring banyaknya permintaan untuk pembuatan busana baru, atau penyesuaian pakaian yang sudah jadi (permak).

Seperti yang dikemukakan Ashar owner dari “” yang merupakan spesialis permak jeans yang beralamat di Jl. Cokroaminoto, , , ().

“Alhamdulillah, menjelang lebaran orderan meningkat sekitar 50 persen. Pesanan menjahit mulai datang jauh hari sebelum lebaran,” kata Ashar saat ditemui, Senin (08/04/2024).

Baca Juga:  Kemarau Panjang dan Krisis Air Melanda, Tukang Gali Sumur di Bone Banjir Orderan

Ashar menyebutkan, hal ini biasa terjadi setiap menjelang lebaran, bahkan dua minggu sebelum lebaran ia sudah menerima puluhan orderan jahit dan mempermak pakaian.

“Iya ini saya sudah terima jumlah pesanan yang jauh lebih besar dari biasanya. Ini karena permintaan masyarakat yang mau menyesuaikan pakaiannya dan membuat busana baru untuk persiapan lebaran,” ungkapnya.

Namun daripada itu, kata Ashar, karena banyaknya orderan ia membatasi pelanggan karena dikhawatirkan tidak selesai sesuai keinginan pelanggan tersebut.

“Saya batasi orderan hanya melayani sebagian saja, agar orderan lain bisa cepat selesai dan terlayani dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Diduga Gangguan Jiwa, Seorang Pria di Bone Tewas Gantung Diri

Untuk jasa jahit yang ditawarkan Ashar, permak jeans bongkar keseluruhan dengan harga Rp 40 ribu, pekecil/perbesar Rp 20 ribu, ganti resleting Rp 20 ribu, dan Rp 10 ribu jika hanya dipotong saja.

Selain itu, Ashar juga menerima pembuatan baju batik dengan harga bervariasi. Yakni, baju batik lengan panjang Rp 110 ribu, baju pendek Rp 90 ribu dan baju batik dengan lapisan seharga Rp 130 ribu.

“Untuk pakaian yang lain termasuk baju atau celana bekas harganya tergantung dari tingkat pengerjaannya, kalau kerjanya sulit tentu agak mahal begitupun sebaliknya jika kerjanya mudah tentu harganya lebih murah lagi,” katanya.

Baca Juga:  357 Narapidana di Lapas Watampone Terima Remisi di HUT ke-79 RI, Satu Orang Langsung Bebas

Ashar menambahkan, untuk Jam operasional biasanya mulai pukul 08.00 WITA sampai 16.30 WITA dan kembali buka pukul 20.00 WITA sampai 23.00 WITA.

“Jika ada pakaian pelanggan yang harus diselesaikan saya juga biasanya lembur sampai tengah malam” jelasnya.

Salah satu pelanggan jasa permak jeans, Uci, mengaku hampir tiap tahun setiap menjelang membawa pakaian levisnya untuk dipermak.

“Saya hampir tiap tahun jadi pelanggan tetapnya, selain murah kualitas pengerjaannya juga terjamin,” katanya.