BONE, TEROBOS.ID () mengadakan (Rakernis) selama dua hari pada 29-30 September 2024 di Novena Hotel, Bone.

Acara ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bone, dengan fokus pada penanganan pelanggaran dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

Dalam pembukaan, Ketua , Alwi, menekankan pentingnya pemahaman teknis terkait penanganan pelanggaran.

Setelah penyampaian materi dari narasumber, peserta akan diajak melakukan simulasi analisis kasus guna merefresh pengetahuan mereka.

Baca Juga:  KPU Umumkan Hasil Verifikasi Perbaikan Administrasi, Bawaslu Bone: Nihil Tanggapan

“Kami ingin memastikan teman-teman memahami dengan baik mekanisme penanganan pelanggaran pemilihan, termasuk tata cara dan prosedur penerimaan laporan,” kata Alwi.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Bone, Nur Alim, menambahkan bahwa simulasi ini bertujuan menguji pengetahuan teknis peserta.

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada lagi alasan bagi Panwaslu untuk tidak memahami mekanisme penanganan pelanggaran.

Para narasumber Rakernis, Amrayadi, SH., MH., dan Maming Genda, SH., MH., membawakan materi tentang langkah strategis serta teknis penanganan pelanggaran. Selain itu, peserta dibagi menjadi enam kelompok untuk menyusun (LHP) sesuai dengan Perbawaslu 6 Tahun 2024.

Baca Juga:  Bawaslu Bone Ajak Pemuda dan Mahasiswa Aktif Kawal Pilkada Demi Demokrasi Berkualitas

Rakernis ini diharapkan dapat memperkuat kesiapan Bawaslu dalam menjalankan tugasnya mengawal proses pemilihan tahun 2024 dengan lebih efektif. (Adv)