SINJAI, TEROBOS.ID Satuan Reserse (Satresnarkoba) berhasil mengungkap peredaran jenis tembakau gorila, Minggu (16/5/2021).

Pelaku diketahui berinisial MH (22) warga Biringere, Sinjai Utara, . Dari tangannya, polisi mengamankan barang bukti berupa satu bungkus tembakau gorila.

Pelaku ditangkap saat mengambil kiriman paket tembakau gorila tersebut di kantor ekspedisi J&T yang terletak di Jalan Sungai Tangka, Bongki, Sinjai Utara. Di dalam paket itu, narkoba tersebut diselipkan di dalam baju kaos.

Baca Juga:  52 Orang Ditangkap Terkait Bom di Makassar, 7 Perempuan

“Berawal informasi dari masyarakat bahwa telah tiba paket barang di expedisi J&T berupa 1 lembar baju kaos warna abu-abu yang di dalamnya telah diselipkan 1 bungkus tembakau gorila,” kata , AKBP Iwan Irmawan, Senin (17/5/2021).

“Saat dilakukan interogasi, pelaku mengakui kalau yang memesan paket tersebut adalah temannya, dan pelaku hanya menyerahkan uang sebesar Rp 100 ribu sebelum memesan tembakau sintetis tersebut,” sambung Kapolres.

Adapun barang bukti yang diamankan diantaranya, 1 paket pembungkus J&T, 1 lembar baju kaos warna abu-abu dan 1 bungkus tembakau gorila dengan berat bruto 5.20 gram.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Gudang Narkoba di Bekasi, 3 Truk Barang Bukti Disita

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pelaku beserta barang bukti yang telah diamankan langsung dibawa ke Mapolres Sinjai.

“Kepada warga masyarakat di wilayah Polres Sinjai, diimbau untuk menghindari . Laporkan segera ke petugas terdekat bila melihat penyalahgunaan narkotika. Kami dari Polres Sinjai akan menindak tegas tanpa tebang pilih terhadap para Pelakunya,” tutupnya.

Sekadar diketahui, tembakau gorila telah dimasukkan ke daftar narkoba jenis baru oleh Badan Narkotika Nasional.

Dari bentuknya, tembakau gorila sama dengan tembakau pada umumnya. Namun tembakau tersebut bercampur dengan zat buatan yang memiliki efek seperti ganja yang terkadang difungsikan sebagai obat penenang.

Baca Juga:  Kasus Narkoba di Bone Meningkat, Ini Jumlah Tersangka

Walaupun begitu, tembakau gorila memiliki perbedaan dengan ganja. Jika ganja memiliki aroma yang khas terutama dari asap pembakarannya, tembakau gorila tidak berbau. Ketika dibakarpun aroma yang keluar tidak sama seperti ganja. (Malik)