BONE, TEROBOS.ID Sebuah truk Toyota Dyna berwarna merah dengan nomor polisi DD 8624 XA terguling di Seppa Bulue, Desa Usa, Kecamatan Palakka, , , Sabtu (18/02/2023) siang.

Akibat kejadian itu, truk yang bermuatan drum dan jerigen yang berisikan ribuan liter (BBM) solar tersebut sebagian tumpah di jalanan.

Truk tersebut diperkirakan memuat 10 ton lebih solar bersubsidi.

Pasalnya, terpantau di lokasi kejadian terdapat 51 drum berukuran 200 liter dan puluhan jerigen berkapasitas 33 liter, yang sebagian berhamburan di tepi jalan.

Informasi yang beredar di kalangan Bone, diduga pemilik truk bermuatan solar itu merupakan salah seorang pengepul solar bersubsidi di Kecamatan Palakka.

Baca Juga:  Usai Pesta Miras Bersama, Pria di Konut Tewas Ditebas Teman Minumnya

Sementara itu, meski bermuatan solar yang diduga bersubsidi dan sudah diketahui kepolisian, namun BBM tersebut malah sudah dievakuasi ke tempat lain dengan menggunakan mobil bak terbuka berwarna putih bernomor plat DD 8019 AW.

“Tadi saya liat ada mobil pick up warna putih bernomor plat DD 8019 AW mengangkut solar yang diambil dari tempat kejadian. Saya lihat dibawa ke rumah warga,” ujar seorang warga yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Kasat Lantas , AKP Dewi yang dikonfirmasi awak media, Minggu (19/2/2023) menyebutkan truk laka tersebut sudah dievakuasi.

Baca Juga:  Diduga Narkoba, Petugas Lapas Tarakan Amankan Paket Mencurigakan

“Laka tunggal dan sudah dievakuasi,” tulisnya melalui pesan WhatsAppnya.

Tetapi terkait dugaan pengepul solar subsidi dan puluhan drum dan jerigen yang diamankan warga dengan menggunakan mobil pick up
seperti yang disampaikan warga, ia tidak menjelaskan terkait kasus tersebut.

“Bukan ranah saya pak. Saya hanya penanganan laka ( lalu lintas),” tutupnya.

Diamankan di Kawasan Pelabuhan

Sementara itu, melalui Kasubsi PIDM Humas, Iptu Rayendra Muchtar, menyebutkan jika mobil truk tersebut menuju Makassar setelah diamankan oleh personel Direktorat Reserse Umum , di Kawasan , Bone.

Baca Juga:  Gunakan Bahan Peledak, Seorang Nelayan di Konawe Ditangkap: Terancam 20 Tahun Penjara

“Truk bergerak dari kota menuju Makassar yang memuat BBM jenis solar yang telah diamankan oleh personil Direktorat Reskrimsus Polda Sulsel di Kawasan pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone, dengan tujuan untuk dibawa ke Mapolda Sulsel,” kata Iptu Rayendra melalui pesan tertulis, Minggu (19/3/2023) malam.

Namun kata Rayendra, pada saat melewati jalanan berbelok, tepatnya di Km 13 mobil tersebut oleng ke kiri sehingga terjadi kecelakaan. (**)