BUTUR, TEROBOS.ID Warga Desa Wasalabose, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten (Butur), (), dikagetkan dengan penemuan seorang bayi di taman Benteng Keraton Lipu, Selasa (13/12/2022), sekitar pukul 05.30 Wita.

Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut diduga sengaja dibuang orang tuanya. Saat pertama kali ditemukan, ari-ari dan tali pusar masih menempel di badannya.

“Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan di tangga pertama , Desa Wasalabose Kecamatan Kulisusu Utara,” sebut Ps Kanit 4 PPA Satreskrim Polres Buton Utara, Aipda Burhanuddin, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga:  Satlantas Polres Kendari Amankan 15 Unit Motor Pebalap Liar

Kata Burhanuddin, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh warga Desa Wasalabose bernama Sitia, saat hendak ke kebun.

“Saat melintas, Sitia melihat ada sosok bayi yang dibaringkan di atas tangga pertama taman bunga Benteng Kulisusu. Sitia mendekati sosok bayi tersebut untuk memastikan, dan ternyata betul bahwa yang dilihat adalah seorang bayi dan masih bernapas,” jelas Burhanuddin.

“Kemudian saksi (Sitia) menyampaikan kepada Wa Siri (Tenaga Dinas Kebersihan) yang sementara menyapu sekitar 15 meter dengan posisi bayi tersebut,” sambung Burhanuddin.

Baca Juga:  Wali Kota Kendari Minta Camat Percepat Vaksinasi Covid-19 Lansia

Keduanya pun menyampaikan tersebut kepada warga lainnya.

Warga kemudian bersama-sama membawa bayi tersebut dan menyelimutinya, lalu dibawa ke Puskesmas Kulisusu untuk mendapatkan perawatan.

Sampai saat ini pelaku pembuang bayi tersebut belum ketahui, pihak kepolisian pun masih melakukan penyelidikan.

Kasat Reskrim Polres Buton Utara AKP La Ode Sumarno, membenarkan penemuan bayi itu, dan pihaknya masih mendalami kasus tersebut.(**)