KOLAKA, TEROBOS.ID (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka menyalurkan perlengkapan perbaikan rumah kepada warga desa Puubunga, Kecamatan Baula, , Tenggara, Jumat (16/9/2022).

Bantuan Tbk UBPN Kolaka tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Community Development Asisten Manager, Anggoro Dwi Saputro didampingi Public Relation Asisten Manager, Tadius.

Bantuan tersebut diberikan kepada warga Desa Puubunga yang terdampak bencana angin yang terjadi pada Senin (12/9/2022) lalu.

Menurut Anggoro, bantuan itu merupakan upaya PT Antam untuk mendukung pemerintah daerah dalam program tanggap darurat bencana alam yang dialami masyarakat.

“Bantuan yang diberikan tersebut terdiri dari papan 3,5 kubik, balok kayu 2 kubik, seng 85 lembar, seng plat untuk bumbungan serta paku 10 kilogram,” jelas Anggoro.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kolaka Beri Penghormatan Terakhir untuk Anggota Dewan Syafaruddin Sunu

Anggoro menambahkan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Antam terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam.

Harapannya, kata Anggoro, bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana puting beliung.

Sementara itu, Suparmin (45) warga desa Puubunga yang menjadi korban keganasan angin puting beliung beberapa hari lalu itu, menyampaikan terima kasihnya atas inisiatif Antam memberikan bantuan tersebut.

“Sekarang saya sudah merasa lega, karena sudah ada harapan rumah ini bisa dibangun kembali,” ujar Suparmin.

Kata dia, sejak rumahnya diterjang angin puting beliung hingga kini, dia hanya bisa pasrah, karena sudah tidak mampu berbuat apapun.

Baca Juga:  Bocah Penderita Tumor Ganas di Konsel Butuh Uluran Tangan

Penghasilannya sebagai buruh tani di desa Puubunga, memupuskan harapannya untuk membangun kembali rumahnya yang diporakporandakan angin puting beliung.

Sejak Senin (12/9/2022) lalu, pria beranak satu itu hanya bisa tidur di tenda darurat yang disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka.

Sementara itu, Puubunga, Sutaji juga menyampaikan apresiasinya kepada Antam.

Sutaji menilai, bantuan tersebut tepat sasaran karena memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Pak Suparmin ini salah satu warga tidak mampu di desa kami. Sehingga saat rumahnya diterjang angin puting beliung, dia nyaris tidak bisa berbuat apapun. Namun dengan bantuan Antam yang memberikan bahan bangunan, tentu saja akan memudahkan dia (Suparmin) untuk membangun kembali rumahnya,” ujar Sutaji.

Baca Juga:  LIN Sultra Soroti Pejabat Hambur Uang di HUT Butur, Kadis Kominfo Bilang Begini

Dia juga memastikan, proses pembangunan rumah warga yang terdampak angin puting beliung akan dilakukan secara oleh warga desa, sehingga waktu pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama.

Kepala Kabupaten Kolaka, Alfian yang turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendata kerusakan 18 unit rumah yang terdampak bencana puting beliung tersebut.

“Dari 18 rumah yang diterjang puting beliung, rumah pak Suparmin inilah yang kondisinya sangat parah. Karena setelah diterpa bencana, rumah tersebut sudah tidak bisa dihuni kembali,” kata Alfian. (**)