BONE, TEROBOS.ID Jelang 2024, (KPU) , Selatan () menggelar daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Helios Bone, jalan Langsat, kelurahan Jeppe’e, kecamatan Tanete Riattang Barat, , Sulsel, Jumat (7/7/2023).

Pada kesempatan itu, Badan Ad Hoc () dan Panitia Pemungutan Suara(PPS) diminta massif laksanakan sosialisasi .

Kegiatan sosialisasi dibuka Ketua , Yusran Tajuddin dan dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kabupaten Bone.

Yusran Tajuddin menuturkan, Badan Ad Hoc PPK dan PPS menjadi ujung tombak KPU untuk terus mensosialisasikan Pemilu 2024, termasuk di dalamnya dapil dan alokasi kursi.

Baca Juga:  Soal Defisit APBD, HMI Cabang Bone Gelar Aksi Demo di Depan Kantor Bupati dan DPRD

“Dari 78 persen partisipasi secara nasional Pemilu 2019, kedepan partisipasi harus naik, harus kompak, harus membangun kolaborasi dengan mitra kerja, kuncinya harus banyak sosialisasi,” kata Yusran.

Yustan mengajak PPK untuk menciptakan Pemilu berkualitas, dan berintegritas dengan memenuhi sejumlah unsur.

“Mulai dari pelaksanaan Pemilu sesuai regulasi yang ada, kemudian peran penyelenggara Pemilu, peran pemerintah memberikan dukungan, peran peserta pemilu partai politik, dan partisipasi dari masyarakat,” kata Yusran yang juga eks Komisioner PKK Tellu Siattinge ini.

Yusran juga memperkenalkan diri dan memperkenalkan satu per satu komisioner KPU Bone yang baru terpilih beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Taufan Pawe Kritik Cawe-cawe NH di Pilgub Sulsel, NH: Nggak Ngerti Aturan Partai

Yusran Tajuddin sendiri yang menjabat Ketua KPU Bone, Koordinator Divisi (Kordiv) Keuangan, Umum, dan Rumah Tangga. Kemudian Zaenal, Kordiv Teknis Penyelenggaraan, Nuryadi Kadir, Kordiv Perencanaan, Informasi, dan Data.

Selanjutnya, Abdul Asis, Kordiv Sosialisasi, Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, dan SDM. Dan Rusnaedi, Kordiv dan Pengawasan.

Sementara itu, Komisioner KPU Bone Kordiv Teknis Penyelenggaraan, Zaenal menyebutkan, sosialisasi Dapil dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone dalam rangka Pemilihan Tahun 2024, sangat penting untuk disebarluaskan.

“Dari lima Dapil di Kabupaten Bone, ada dua Dapil mengalami pergeseran jumlah kursi, yakni di Dapil 2 dari 8 kursi menjadi 9 kursi, dan Dapil  5 ada penurunan kursi, dari 10 kursi menjadi 9 kursi,” jelasnya.

Baca Juga:  Bawaslu Bone Awasi Ketat Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon

Zainal menyebutkan, pergeseran jumlah kursi itu lantaran adanya penambahan penduduk dan penurunan penduduk signifikan.

Adapun alokasi kursi beserta dapilnya untuk pemilu 2024:

Dapil 1 – 10 kursi meliputi, Kecamatan Palakka, Tanete Riattang Barat, Tanete Riattang Timur dan Kecamatan Tanete Riattang.

Dapil 2 – 9 kursi
Kecamatan Tonra, Mare, Sibulue, Barebbo, Cina dan Ponre.

Dapil 3 – 9 kursi
Kecamatan Bontocani, Kahu,
Kajuara, Salomekko
Libureng, dan Kecamatan Patimpeng.

Dapil 4 – 8 kursi
Kecamatan , Lamuru,
Ulaweng, Amali,
Tellu Limpoe dan Kecamatan Bengo.

Dapil 5 – 9 kursi
Kecamatan Awangpone, Tellusiattinge, Ajangale, Duab Boccoe, dan Kecamatan Cenrana. (Ril/Icuk)