BONE, TEROBOS.ID Gelaran festival () ke-32 tingkat provinsi (), yang dipusatkan di tinggal menghitung jam.

Sebagai tuan rumah, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone sudah menunjukkan keseriusannya terhadap pelaksanaan MTQ tersebut, termasuk soal anggaran.

Saat menggelar di ruang rapat pimpinan (rapim) kantor pada Kamis (23/6/2022), Sekretaris Daerah (Sekda) Bone H , yang juga selaku ketua panitia penyelenggara MTQ menyebutkan jika anggaran yang terkumpul sudah mencapai Rp9,3 miliar.

Baca Juga:  Kedapatan Bawa Petasan, Tiga Remaja di Enrekang Diamankan Polisi

Mantan Kepala itu menjelaskan jika dana tersebut bersumber dari APBD Kabupaten sebesar Rp5,3 miliar, dana APBD Provinsi Rp2,9 miliar dan partisipasi masyarakat termasuk sebesar Rp1,1 miliar.

Disebutkan, ada pun dana tersebut akan dialokasikan untuk pembiayaan panggung utama, panggung kehormatan dan tenda kafilah.

Pihaknya juga menyiapkan bonus untuk pemenang lomba peserta kafilah Kabupaten Bone, dan pengalokasian lainnya untuk akomodasi dewan hakim, panitia, panitia teknis, panitera, konsumsi dan sewa penginapan (booking hotel) untuk panitera dan dewan hakim selama sepuluh hari.

Baca Juga:  Kandang Terbakar, Ribuan Ekor Ayam Mati Terpanggang di Bone

“Itu ditanggung semua termasuk uang saku peserta kafilah Kabupaten Bone. Kemudian pakaian seragam peserta, panitia, dewan hakim, keamanan, pembenahan stadion, operasional, operasional sound sistem. Kalau dikalkulasi, dana yang dibutuhkan untuk semua itu sekitar Rp7 miliar,” sebutnya.

Islamuddin menambahkan, khusus untuk dana APBD Provinsi peruntukannya berupa hadiah kepada 48 cabang lomba, honor untuk panitia Provinsi, dewan hakim dan panitera.

Sekadar informasi, gelaran MTQ ke-32 Sulsel akan dilaksanakan pada 24 Juni 2022 sampai dengan 1 Juli 2022 di Kabupaten Bone, dan diikuti 24 kafilah dari Kabupaten/Kota se- Selatan. (**)

Baca Juga:  IRT di Bone Meninggal Saat Antre BLT BBM