KENDARI, TEROBOS.ID berkekuatan magnitudo 3,7 mengguncang wilayah Bombana, Tenggara (), Kamis (17/11/2022) pagi.

, Sultra, melaporkan gempa tersebut berpusat di darat dengan kedalaman 10 kilometer. Sementara untuk titik koordinat berada pada 4.74 Lintang Selatan (LS) dan 121.98 Bujur Timur (BT), atau tepatnya pada jarak 5.7 km, Tenggara Rarowatu, .

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Tenggara Rarowatu, Kabupaten Bombana,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, Kamis pagi.

Baca Juga:  30 Koperasi di Kolaka Terima Bantuan Modal dari Pemda

Rudin menyebutkan, akibat gempabumi tersebut belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan dan juga tidak berpotensi tsunami.

Meski demikian, ia mengimbau masyarakat agar menghindari bangunan yang (kalau ada) retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujar Rudin.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga:  Gempa Bumi Bermagnitudo 3,7 Guncang Kolaka Timur

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” imbuhnya. (**)