, TEROBOS.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Timur (Koltim) () membuka Calon Sipil (), di aula kantor Timur, Senin (21/3/2022).

Pembukaan orientasi CPNS tahun anggaran 2022 dengan tema “Penguatan Tata Kelola Pemerintah yang Baik, Bersih dan Transparan Melayani Masyarakat” tersebut dibuka secara resmi Pj. Bupati Koltim, H .

Dalam sambutannya, Sulwan Aboenawas mengatakan, (PNS) merupakan unsur utama terhadap sumber daya manusia (SDM) aparatur negara yang mempunyai peranan dalam menentukan keberhasilan penyelengaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

“Sosok PNS diwujudkan dengan sikap perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoralkan mental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik,” jelas Sulwan.

Baca Juga:  Aktor Tambang Ilegal di WIUP PT Antam UBPN Konut Belum 'Disentuh' Hukum, Ampuh Sultra Geruduk Kejati

“Serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa untuk dapat membentuk sosok PNS seperti yang dimaksud. Sebelum ditetapkan statusnya menjadi PNS maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur dan orientasi dalam bentuk latihan dasar CPNS,” sambungnya.

Sulwan menerangkan, bahwa dalam masa percobaan setiap CPNS diwajibkan untuk mengikuti dan lulus diklat prajabatan dan masa percobaan selama satu tahun.

Masa percobaan tersebut, kata Sulwan, tidak dapat diulang. Sehingga apabila ada peserta CPNS yang tidak memperoleh nilai baik dalam pelaksanaan masa percobaan, maka tidak dapat diangkat sebagai pegawai negeri sipil.

Baca Juga:  Ini Rencana Menteri Perhubungan Usai Kunjungi Pulau Labengki di Konut

“Ini bertujuan dalam rangka penerapan sistem merit untuk menghasilkan pegawai negeri sipil yang berkualitas, profesional dan berintegrasi,” katanya.

Sulwan menjelaskan, berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang bahwa pengadaan pegawai negeri sipil merupakan kegiatan untuk mengisi kebutuhan jabatan administrasi atau jabatan fungsional dalam suatu instansi pemerintah.

“Dimana pengadaan pegawai negeri sipil di instansi pemerintah dilakukan berdasarkan penetapan kebutuhan yang ditetapkan oleh mentri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan orientasi yang akan sedang dilaksanakan di Koltim saat ini merupakan kegiatan pada tahap masa percobaan dengan bobot nilai 20% dari nilai dasar yang akan dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi nantinya.

Baca Juga:  510 Pegawai di Koltim Terima SK, Pj Bupati: Bekerja Ikhlas dan Tulus

“Satu hal lagi, bahwa daerah ini membutuhkan tenaga dan fikiran bapak/ibu sekalian sebagai , sehingga jangan ada lagi yang mengajukan permohonan pindah wilayah apabila sudah resmi ter-angkat sebagai PNS lingkup pemerintah ,” imbaunya.

“Sebagaimana surat pernyataan yang telah disepakati yaitu paling singkat sepuluh tahun untuk mengabdikan diri pada daerah ini,” tambahnya.

Editor : Darson