BUTON, TEROBOS.ID Puncak peringatan (HUT) ke-64 dan hari jadi ke-20 sebagai ibu Kota Kabupaten Buton, diwarnai sejumlah kegiatan perlombaan.

Lomba tersebut diantaranya pantun, lari tempurung, lomba hadang kaase ase, karnaval budaya, istighosah, jalan santai, pekande kandea dan lomba kebersihan.

Pembukaan lomba tersebut dibuka langsung , Asnawi Jamaluddin di halaman Kantor , Sabtu (24/6/2023).

“Peringatan HUT kabupaten Buton baru dua kali dilaksanakan di dua tahun terakhir, yakni 2022 dan 2023 yang dilaksanakan setiap tanggal 4 Juli dan Pasarwajo sebagai ibukota Kabupaten Buton telah diperingati sejak tahun 2004 sampai dengan sekarang,” kata Sekda saat membacakan sambutan Pj Bupati Buton.

Baca Juga:  DPRD Bone Sahkan KUPA-PPAS Perubahan APBD 2022

Dikatakanya, dengan adanya penetapan itu, sebagai masyarakat Buton wajib bersyukur dan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Buton sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan daerah tersebut dengan karya dan prestasi.

“Selanjutnya peringatan ke-64 dan Peringatan ke-20 Pasarwajo sebagai ibukota Kabupaten Buton pada tahun ini, berbagai macam kegiatan,” katanya.

Ia berharap, semua elemen bisa mensukseskan kegiatan itu dan terkhusus kepada lurah dan agar menegaskan kepada masyarakat untuk memasang bendera dan umbul-umbul, pengecatan pagar, juga kebersihan lingkungan sehingga tercipta suasana yang bersih dan nyaman.

Baca Juga:  MTQ Ke-VII Kolaka Timur Ditutup, Sulwan: Aktualisasikan Pesan Ilahi

Ada pun tema yang diusung di momentum HUT kali ini, “Aspal Buton Bangkit Maju”, dengan harapan pemerintah pusat dan seluruh Pemda se-Indonesia bisa memanfaatkan penggunaan aspal Buton sebagai sesuai Instruksi . (Rls/TI)