KENDARI, TEROBOS.ID Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik , Korem 143 Haluoleo (HO) bersinergi dengan dan Kebudayaan (Dikbud) Tenggara (), meninjau langsung proses pekerjaan bendera merah putih sepanjang 17 kilometer yang akan dibentangkan pada momen di .

Plh Kapenrem 143/HO Lettu Inf Rusmin Ismail, melalui keterangan pers di Kendari pada Sabtu (12/08/2023) menyebutkan, bendera merah putih yang akan dikibarkan sepanjang 17 kilometer tersebut dikerjakan oleh siswa-siswi SMK 3 dan SMK 4 Kendari.

Baca Juga:  Pemkot Kendari Akan Pindahkan Pedagang Kawasan Kali Kadia, Ini Sebabnya

“Seperti kita ketahui SMK 3 Kendari dan SMK 4 Kendari diberi kepercayaan mewakili sekolah se-kota yang ada di Kendari, untuk menjahit bendera yang akan dikibarkan pada saat momen peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kota Kendari,” ujar Rusmin.

Agar dapat selesai pada waktunya, proses pengerjaan (penjahitan) bendera tersebut pihak SMK 3 dan SMK 4 Kendari juga dibantu beberapa sekolah lainnya yakni SMK 1 Kolaka, SMK 1 Unaha dan SMK 1 Bau-bau.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin, menyampaikan bahwa nantinya bendera sepanjang 17 kilometer tersebut, akan dibentangkan dari hingga ke kota Kendari.

Baca Juga:  Pengurus DPC Apdesi Bone Resmi Dilantik, Andika: Milik Kita Semua

“Kami sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mendukung, dan mensukseskan kegiatan ini,”ucapnya.

Yusmin menuturkan, pembentangan bendera merah putih tersebut akan digelar pada Selasa (15/8/2023), dengan melibatkan sekitar 17 ribu siswa-siswi SMA-SMK di Kota Kendari dan Selatan.

Disebutkan, selain memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, pembentangkan bendera merah putih sepanjang 17 kilometer itu melambangkan bahwa di Bumi Anoa ini terdapat 17 kabupaten dan kota. (*)