TEROBOS.ID Buah naga atau dragon fruit adalah jenis buah tropis yang eksotik. Rasa buah naga manis, atau lebih mirip seperti campuran buah kiwi dan pir. Buah ini kaya akan nutrisi.

Berikut beberapa :

1. Mengandung banyak serat

Buah naga kaya akan serat, yang dapat membantu memperlancar pencernaan, mengurangi risiko sembelit.

2.

Buah naga mengandung senyawa yang disebut flavonoid yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah naga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga:  Dari BH Sampai INTERNET, Singkatan Ini Kerap Disebut Tapi tak Tahu Artinya

4. Meningkatkan jantung

Buah naga mengandung senyawa antioksidan yang disebut betalain, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Menjaga kesehatan tulang

Buah naga mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

6.

Buah naga mengandung senyawa fitokimia, seperti polifenol dan karotenoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko kanker.

7. Menjaga kesehatan kulit

Buah naga mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, melawan penuaan dini, dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Buah naga jika dikonsumsi dengan porsi yang benar akan bermanfaat bagi kesehatan. Tapi jika mengkonsumsi buah naga secara berlebihan juga memiliki efek samping.

Baca Juga:  Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berikut efek samping yang mungkin terjadi jika konsumsi buah naga berlebihan:

1. Reaksi Alergi

Mungkin tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah naga, jika dikonsumsi apalagi secara berlebihan efek sampingnya yaitu timbul gejala alergi. Adapun reaksi alergi dari efek samping buah naga yang mungkin terjadi, yakni bibir dan lidah bengkak.
Tenggorokan gatal, rasa terbakar di tenggorokan, dan lain-lain.

2. Menimbulkan masalah perut

Mengkonsumsi serat berlebihan seperti pada buah naga, akan dikaitkan dengan masalah perut. Misalnya, perut terasa tidak nyaman, kembung dan lain-lain.

Baca Juga:  Makan Telur Rebus, Ini Dia Manfaat Bagi Tubuh Kita

3. Pipis berwarna kemerahan

Efek samping buah naga merah bisa membuat pipis atau bahkan BAB bisa jadi merah. Kenapa setelah makan buah naga pipis jadi merah? Alasan mengapa setelah makan buah naga pipis jadi merah yaitu kandungan pigmen merah pada buah naga merah sangat tinggi.

3. Hipotensi

Buah naga dikenal bermanfaat untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Makan terlalu banyak buah naga mungkin akan menyebabkan peningkatan kalium dalam sistem, yang dapat menyebabkan penyakit darah rendah (hipotensi).

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari buah naga. Namun, seperti dengan lainnya, disarankan untuk mengonsumsinya dengan seimbang dan dalam konteks diet yang sehat dan seimbang. (Dari berbagai sumber).