KENDARI, TEROBOS.ID Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) mengamankan 10 ton (BBM) bersubsidi jenis solar yang diselundupkan dari , Selatan ().

Direktur Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda , Kombes Pol Andi Adnan Syafruddin, menyebutkan pihaknya berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 10 ton BBM tersebut di perairan Kecamatan Samaturu , pada Selasa (28/2/2023) sekitar pukul 14.00 Wita.

Perahu yang digunakan pelaku mengangkut BBM

“Berdasarkan informasi dari masyarakat. (Kami) melaksanakan penyelidikan dan menggagalkan upaya penyelundupan BBM jenis solar yang berasal dari Kelurahan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulsel,” kata Kombes Pol Andi Adnan Syafruddin melalui keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).

Baca Juga:  Bandar Narkoba Kelas Kakap Ditangkap di Makassar, 2 Rukonya di Bone Digeledah Petugas

Ia menjelaskan, bahwa BBM tersebut diangkut menggunakan dua unit perahu jolor masing-masing berwarna biru-putih berisi 185 jeriken ukuran 35 liter dinahkodai oleh A (28). Sedangkan perahu warna hijau-putih bermuatan 140 jeriken ukuran 35 liter dan dinahkodai oleh N (54).

“Berdasarkan keterangan para nahkoda BBM tersebut diangkut dari pelabuhan rakyat di daerah Siwa. Pemilik BBM adalah A (45) dan direncanakan akan diterima oleh B (44) selaku pemesan di Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka,” kata mantan Wadirpolairud Polda Selatan itu.

Baca Juga:  Bikin Geger, Warga Temukan Mayat Bayi Terbungkus Kantong Plastik

Saat ini, para pelaku bersama barang bukti berupa BBM 10 ton tersebut telah diamankan di Mako untuk proses lebih lanjut.

Sedangkan barang bukti dua unit perahu jolor yang digunakan mengangkut BBM, saat ini dititipkan di Satpolair .

Terkait tersebut, pihak menangkap dan menetapkan empat orang tersangka, yang mempunyai peran masing-masing. Para tersangka tersebut akan titip di rutan Polda Sultra.

“Empat orang tersangka yang berperan sebagai penjual, nahkoda dan pembeli. Dan sementara lengkapi mindik-nya (administrasi penyidikan),” pungkasnya.

Baca Juga:  Sempat Bersembunyi, Pencuri Handphone dan Uang di Lampung Tengah Dibekuk Polisi

Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 55 UU RI No.22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi yang dirubah dengan Pasal 55 UU RI No.11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda paling banyak Rp60 miliar. (***)