BONE, TEROBOS.ID bersama anggota Provinsi Selatan () Koordiv Penyelesaian Sengketa, Adnan Jamal, melaksanan monitoring dan evaluasi () bagi tim fasilitasi () pengawasan pencalonan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Bawaslu , Jl Budi Utomo, , Selasa (06/08/2024).

Kegiatan tersebut berfokus pada persiapan dalam menghadapi pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati dalam .

Koordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel, Adnan Jamal, membekali timfas pengawasan pencalonan Bawaslu Kabupaten Bone berbagai bentuk persiapan dalam menghadapi tahapan yang dimulai pada 27 Agustus 2024.

Dalam monev yang dilakukan, Koordiv dan Penyelesaian Sengketa , Rohzali Putra sebagai penanggungjawab timfas pengawasan pencalonan menyampaikan, bahwa telah mempersiapkan dan memastikan semua aspek yang dibutuhan terkait tahapan pencalonan dalam Pilkada 2024.

Baca Juga:  Pilkada Run 'Berlari Menuju TPS' Digelar Serentak di Sulsel, Target Pecahkan Rekor MURI

Rohzali menyebutkan, timfas pengawasan pencalonan Bawaslu Kabupaten Bone, telah menyusun draft laporan hasil pengawasan di setiap sub tahapan pencalonan dalam Pemilihan 2024 ini.

“Kami juga telah menyusun daftar inventaris masalah yang dihadapi dalam tahapan pencalonan ini, serta telah mengelaborasi kalender pengawasan tahapan pencalonan,” jelasnya.

Sementara itu, Adnan Jamal juga menjelaskan agar tidak lupa melakukan pemetaan terhadap pasal-pasal dalam regulasi yang mengatur pencalonan Bupati dan wakil Bupati.

“Jadi untuk mengefektifkan pengawasan pencalonan tersebut perlu dilakukan pemetaan terkait pasal per pasal dalam regulasi yang mengatur tahapan pencalonan Bupati dan wakil Bupati ini,” katanya.

Baca Juga:  Sempat Dikeluhkan, Kades Ureng Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah di Seppa Bulue

“Kita memiliki keterbatasan dalam menghafal pasal-pasal, ada pasal dalam kompilasi perundang-undangan pemilihan, pasal dalam PKPU, pasal dalam perbawaslu, serta pedoman teknis, jadi harus dipetakan agar dalam melakukan pengawasan pencalonan berjalan dengan efektif,” lanjutnya.

Di akhir monev, Ketua Bawaslu Bone Alwi, memberikan arahan untuk bersiap menghadapai tahapan pencalonan tersebut.

Alwi mengatakan, timfas pengawasan pencalonan Bawaslu Kabupaten Bone telah dibekali segala bentuk persiapan oleh pimpinan Bawaslu Sulsel.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan. Semoga ilmu yang kita dapatkan hari ini, dapat diimplementasikan pada saat kita melakukan pengawasan langsung, maupun tidak langsung nantinya,” ujar Alwi.

Baca Juga:  Kanit Regident Polres Bone: Ayo Manfaatkan Pembebasan Tarif Pajak Progresif BBNKB II

Alwi mengemukakan, timfas pengawasan harus selalu saling bekerja sama, dan saling mem-backup dalam menjalankan tugas pengawasan tahapan pencalonan dan tahapan-tahapan pemilihan ke depan.

Alwi berharap, melalui monev tersebut implementasinya dapat berjalan sesuai dengan regulasi, dan prosedur agar terwujud pengawasan yang efektif. (Adv/Ril)