KENDARI, TEROBOS.ID Sebanyak 42 orang akan mengikuti () yang digelar oleh di , selama dua hari, Jumat-Sabtu (11-12/8/2023).

Ketua Sarjono menyebutkan, UKW kali ini Dewan Pers menunjuk dua lembaga uji, yakni Perum Biro Sultra dan Persatuan (PWI) Sultra sebagai penyelenggara.

“PWI Sultra mengapresiasi kepercayaan Dewan Pers dan PWI Pusat atas penyelenggaraan UKW di Sultra,” kata Sarjono yang karib disapa Kopral Jono.

Baca Juga:  17 Jurnalis di Makassar Ikut UKW PWI Sulsel Angkatan ke-28

“UKW bukan sekadar program unggulan organisasi, tetapi tolok ukur profesionalitas seorang wartawan dalam menjalankan profesi kewartawanan,” tambahnya.

Ada pun PWI Sultra menggelar uji kompetensi untuk 18 orang, yakni 12 jenjang Muda dan 6 untuk jenjang Utama.

Sedangkan LKBN Antara Biro Sultra memfasilitasi uji kompetensi 24 orang wartawan yang terdiri dari jenjang Muda 18 dan 6 jenjang Utama.

Sarjono pun mengajak anggota PWI peserta uji kompetensi agar optimis karena sesungguhnya, kata dia, materi uji sudah dipraktekan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas kewartawanan.

Baca Juga:  Datang Lebih Awal, Penjemput Jemaah Haji Bone Padati Sekitar Masjid Agung

“Kecuali dia bukan seorang wartawan yang konsisten menjalankan tugas-tugas peliputan yang kuatir tidak kompeten,” ujarnya.

Selain UKW yang dihelat di Kota Kendari, PWI juga menggelar UKW mandiri yang diselenggarakan PWI Kota pada 14-15 Agustus 2023 yang diikuti 18 orang.

UKW tersebut untuk mengukur sekaligus meningkatkan kompetensi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. (*)