MAKASSAR, TEROBOS.ID Jelang perayaan  () ke-692, H , menyerahkan sejumlah duplikasi kerajaan Bone kepada ke-32 Andi Mappanyukki yang juga Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen Andi Muhammad.

Penyerah tersebut digelar di rumah adat kerajaan di jalan Kumala, , (), Rabu (16/03/2022).

Duplikasi benda pusaka kerajaan Bone yang diserahkan tersebut berupa kalewang La Tea Riduni, keris La Makkawa, Teddung Pulaweng, Teddung Salaka, selempang emas raja, songkok recca, dan beberapa benda pusaka lainnya.

Prosesi adat penyambutan diawali tarian adat sere bissu, dan dilanjutkan penjelasan tentang duplikat benda pusaka kerajaan Bone oleh pemangku adat Bone.

Baca Juga:  Sambut HJB ke-691, 14 Hafiz di Bone Tampil

Dalam kesempatan itu, Andi Muhammad menyampaikan rasa bangga dan sangat bahagia menyambut kedatangan bupati Bone beserta rombongan yang telah menyerahkan duplikat benda pusaka kerajaan Bone.

“Kami atas nama keluarga Andi Mappanyukki, merasa sangat bangga, sangat bahagia menyambut kedatangan bapak bupati beserta rombongan yang telah menyerahkan duplikat benda pusaka kerajaan Bone,” ucap Andi Muhammad.

“Kami sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak bupati dan Bone yang telah hadir, berkumpul bersama dengan penuh kekeluargaan. Ini suatu kehormatan bagi keluarga Andi Mappanyukki atas kedatangan bupati dan rombongan,” sambungnya.

Baca Juga:  Sekretaris Dewan Meninggal Dunia, DPRD Bone Berduka

“Kita akan pelihara benda pusaka ini, untuk mengenang leluhur kita, sejarah, kita tidak bisa lupakan, ini suatu kebesaran dan bagian adat budaya kita. Ini merupakan suatu tradisi yang perlu dipelihara, acara seperti ini bukan hanya disini tapi di tempat-tempat lain juga demikian seperti di Solo dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bone menuturkan bahwa pelaksanaan penyerahan benda pusaka tersebut merupakan hasil pertimbangan diskusi antara Danrem 141/TP dan Dandim 1407/Bone.

“Lalu disepakati pada hari ini untuk dilaksanakan penyerahan benda pusaka kerajaan Bone kepada Pangdam XIV Hasanuddin,” kata Fahsar.

Baca Juga:  Miris, Dua Anak di Bawah Umur di Bone Jadi Pelaku Curanmor

Mewakili dan masyarakat Bone, Bupati Bone menyerahkan benda pusaka kepada untuk ditempatkan di museum rumah adat Andi Mappanyukki.

“Kami berharap dengan kehadiran benda pusaka ini dapat menambah nuansa kecintaan terhadap sejarah, budaya dan adat,” ujar Fahsar.

Bupati Bone juga mengundang Pangdam XIV Hasanuddin untuk menghadiri Hari Jadi Bone (HJB) ke-692 tahun, dalam pesta adat pembersihan benda pusaka kerajaan Bone.

Sebelumnya juga akan diadakan prosesi penganugerahan dan penyematan gelar kebangsawanan kepada Pangdam Hasanuddin, karena menurut Bupati Bone Pangdam Hasanuddin adalah orang yang pantas mendapatkan penyematan gelar bangsawan. (***)