KENDARI, TEROBOS.ID Mewakili Penjabat (Pj) Wali Asisten I  Bidang dan Kesejahteraan Rakyat Amir Hasan, bersama Kepala Muhammad Arafah menyerahkan kepala sejumlah atas partisipasinya dalam penyelamatan 19 korban di perairan Bokori, .

Penyerahan penghargaan ini berlangsung di Aula Basarnas, Jumat (8/9/2023). Selanjutnya Kepala Basarnas Kendari menyerahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Asisten 1 Setda Kota Kendari Amir Hasan, mengapresiasi partisipiasi nelayan karena telah membantu Basarnas Kendari dalam penyelamatan.

Baca Juga:  Partai Pelita Optimis Jadi Peserta Pemilu 2024, Ketua Umum Berkunjung ke Sultra

“Saya laporkan ke pak wali, bahwasanya yang menolong adalah nelayan warga Kota Kendari, Alhamdulillah mereka selamat. Bayangkan bapak/ibu ketika tidak ada bapak apa yang akan terjadi,” ungkapnya.

Selanjutnya Asisten I berharap, kolaborasi antara Basarnas Kendari dan Pemerintah Kota Kendari semakin baik kedepannya, khususnya pada pogram atau kegiatan penanggulangan kecelakaan di laut.

Sementara itu, Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah mengatakan, dalam pencarian dan pertolongan, peran serta masyarakat mampu meningkatkan keberhasilan pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga:  Fasum dan Fasos Disoal, Warga Perumahan Bumi Palanga Mas Surati DPRD Bone

“Basarnas Kendari tidak bisa sendiri, dari dari Kabupaten Konawe dan para nelayan, tentunya dengan melihat keadaan wilayah di Tenggara ini bersama sama-sama dengan dan nelayan untuk memberikan ,” jelasnya.

Untuk diketahui, Minggu (3/9/2023) Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari, dibantu nelayan berhasil menyelamatkan 19  penumpang longboat dari Pulau Bokori tujuan pelabuhan Bungkutoko, Kendari.

Longboat tersebut dilaporkan tenggelam di sekitar Pulau Bokori sekitar pukul 17.30 wita setelah terbalik dan tenggelam akibat dihantam gelombang. (*)

Baca Juga:  Selamat Hari Kartini 2023: Mengapa Tanggal 21 April Diperingati?