, TEROBOS.ID – Wakil Gubernur (Sultra) memantau penanganan di tiga kabupaten, Rabu (15/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dikemas dalam bentuk dan satgas penanganan Covid-19 Sultra di (), Kolaka, dan Kolaka Utara ().

Lukman mengawali kunjungannya di Koltim dan langsung menggelar pertemuan dengan Bupati Koltim, sejumlah anggota DPRD dan setempat, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra, serta sejumlah tenaga medis di aula kantor Bupati Koltim.

Baca Juga:  Perbaiki Pompa Air, Warga Konawe Tewas Kesetrum

Dalam sambutannya, wagub yang juga wakil ketua satgas penanganan Covid-19 Provinsi Sultra itu menyampaikan bahwa saat ini Sultra masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Wagub mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 baik di tingkat provinsi maupun Timur karena agenda-agenda penanganan pandemi berjalan dengan efektif.

“Untuk wilayah Kabupaten Koltim, penanganan Covid-19 telah berjalan baik. Tentu, sebagai penanggung jawab Satgas Covid-19, Ibu Bupati Koltim, Sekda, dan Forkopimda telah berperan aktif dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat di Koltim,” kata Wagub dalam sambutannya.

Baca Juga:  Kapolda Sultra Tegaskan Bhabinkamtibmas sebagai Garda Terdepan Pilkada Damai 2024

Meskipun, kasus Covid-19 di Sultra menunjukkan penurunan, namun Wagub tetap meminta agar penerapan protokol tetap diketatkan dan pemberlakukan PPKM harus dipatuhi.

Tak hanya itu, Lukman juga menekankan agar semua elemen untuk menyukseskan program massal. Hal itu tidak terlepas pula dari peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh .

“Para pemuka-pemuka masyarakat ini harus menjadi teladan bagi masyarakat. Oleh karena itu, jika ada para tokoh itu yang belum vaksinasi agar segera melakukan vaksinasi,” kata Lukman.

Baca Juga:  Wujudkan Sultra Beriman, Wagub Kukuhkan Pengurus DMI Kolaka Utara

Sementara itu, Bupati Koltim Andi Merya Nur dalam pemaparannya menyampaikan bahwa perkembangan Covid-19 di daerahnya sudah sangat landai.

“Kasus tertinggi terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Kami menargetkan dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, penyebaran kasus Covid-19 di Koltim dapat kita dikendalikan,” katanya.

Selain melakukan rapat, Wagub juga menghadiri pelaksanaan di setiap daerah. Selanjutnya, Wagub bersama rombongan akan bergerak menuju Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara.***