, TEROBOS.ID – Wakil Gubernur Tenggara (Sultra) memantau penanganan di tiga kabupaten, Rabu (15/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dikemas dalam bentuk dan satgas penanganan Covid-19 Sultra di Timur (), Kolaka, dan Kolaka Utara ().

Lukman mengawali kunjungannya di Koltim dan langsung menggelar pertemuan dengan Bupati Koltim, sejumlah anggota DPRD dan setempat, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sultra, serta sejumlah tenaga medis di aula kantor Bupati Koltim.

Baca Juga:  Jaga Situasi Kamtibmas di Sultra, Polda-Pemprov Gelar Deklarasi Damai

Dalam sambutannya, wagub yang juga wakil ketua satgas penanganan Covid-19 Provinsi Sultra itu menyampaikan bahwa saat ini Sultra masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Wagub mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 baik di tingkat provinsi maupun karena agenda-agenda penanganan pandemi berjalan dengan efektif.

“Untuk wilayah Kabupaten Koltim, penanganan Covid-19 telah berjalan baik. Tentu, sebagai penanggung jawab Satgas Covid-19, Ibu Bupati Koltim, Sekda, dan Forkopimda telah berperan aktif dan berdampak positif bagi seluruh masyarakat di Koltim,” kata Wagub dalam sambutannya.

Baca Juga:  Bangun Sinergitas Dengan Media, Pemkot Kendari Gelar Coffee Morning

Meskipun, kasus Covid-19 di Sultra menunjukkan penurunan, namun Wagub tetap meminta agar penerapan protokol tetap diketatkan dan pemberlakukan PPKM harus dipatuhi.

Tak hanya itu, Lukman juga menekankan agar semua elemen untuk menyukseskan program . Hal itu tidak terlepas pula dari peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh .

“Para pemuka-pemuka masyarakat ini harus menjadi teladan bagi masyarakat. Oleh karena itu, jika ada para tokoh itu yang belum agar segera melakukan vaksinasi,” kata Lukman.

Baca Juga:  Jalan Masjid Al-Alam Rusak Akibat Abrasi, Ali Mazi: Segera Diperbaiki

Sementara itu, Bupati Koltim Andi Merya Nur dalam pemaparannya menyampaikan bahwa perkembangan Covid-19 di daerahnya sudah sangat landai.

“Kasus tertinggi terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Kami menargetkan dengan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, penyebaran kasus Covid-19 di Koltim dapat kita dikendalikan,” katanya.

Selain melakukan rapat, Wagub juga menghadiri pelaksanaan vaksinasi massal di setiap daerah. Selanjutnya, Wagub bersama rombongan akan bergerak menuju Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara.***