BONE – Pengelola Mall Bone Trade Centre (BTC), Ferdy, mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapinya dalam mengelola pusat perbelanjaan tersebut kepada calon Wakil , , dalam acara bersama komunitas () di halaman parkir Mall BTC, Jalan KH. Agussalim, Bone, Rabu (2/10/2024) malam.

Mall yang dulu menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bone pada era 2000-an, kini mengalami penurunan drastis sejak pandemi melanda.

Ferdy menjelaskan bahwa BTC dikelola oleh tiga pihak, yakni pemerintah daerah, Puskopi, dan pengembang.

Akibat pandemi, jumlah pedagang yang aktif menyusut, dari sekitar 300 kios menjadi hanya 200 kios yang beroperasi saat ini.

Baca Juga:  Bawaslu Bone Gelar Monev Pengawasan Jelang Pencalonan Bupati dan Wakil

“Dulu ramai, ada 300an los terisi, sekarang yang aktif hanya sekitar 200 los. Lantai tiga milik pemerintah, dan tiap bulan kami masih harus membayar biaya parkir sebesar Rp4 juta,” ungkap Ferdy.

Ia juga menyoroti kurangnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan mall, serta hambatan birokrasi yang dihadapi dalam mencari investor untuk mengembangkan kembali mall tersebut.

“Kami seperti disuruh mengelola, tapi pemerintah masih memegang kontrol penuh. Jadi, sulit untuk berkembang. Kami berharap ada solusi dari pemerintah di masa mendatang,” tambahnya.

Baca Juga:  Siap Menangkan Andi Islamuddin di Pilkada Bone, Pemuda Perantau Bandung Rela Balik Kampung

Menanggapi hal tersebut, Andi Akmal menyadari bahwa pesatnya perkembangan teknologi, dan maraknya belanja online turut mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung mall.

Ia menekankan pentingnya kreativitas bagi para pedagang dalam beradaptasi dengan situasi ini, termasuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

“Zaman sekarang, memang belanja online semakin diminati. Pedagang harus kreatif menggunakan media sosial untuk promosi. Jika kami () terpilih, insya Allah kami akan mendatangkan investor dan memperjelas aturan kepemilikan mall, sehingga investor tidak ragu,” ujar Akmal.

Baca Juga:  Bawaslu Bone Awasi Ketat Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati di RS Wahidin

Sebagai tindak lanjut, Ferdy meminta Andi Akmal untuk berkunjung ke Mall BTC pada jam operasional, agar dapat melihat langsung kondisi yang ada, dan berdialog dengan para pedagang.

Ferdy berharap jika pasangan BerAmal terpilih sebagai Bupati dan periode 2024-2029, perhatian terhadap perkembangan mall akan lebih ditingkatkan.

Mall BTC, yang pernah menjadi pusat perbelanjaan utama di Bone, kini menghadapi tantangan untuk bertahan di tengah perubahan dan perilaku konsumen.

Harapan pun disematkan pada pemimpin yang akan datang untuk mengembalikan kejayaan pusat perbelanjaan ini. (**)