BONE, TEROBOS.ID – Pemerintah menggelar peringatan puncak () ke-694.

Kegiatan tersebut digelar di halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, , kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (20/4/2024).

Adapun tema yang diangkat dalam perayaan tahun 2024 adalah ‘Mattuppu ri ade’e, Mappasanre ri sarae’.

Tema tersebut bermakna sebuah prinsip yang menggabungkan atau menyandingkan aturan adat dan syariat agama Islam dalam menjalankan pemerintah di zaman kerajaan Bone sehingga tercapai ketertiban keamanan, kejayaan, dan kemakmuran.

Penjabat (Pj) Bupati Bone H A Islamuddin menuturkan momentum Hari Jadi Bone ke-694 sebagai refleksi kekayaan nilai budaya kerajaan Bone di masa lampau.

Baca Juga:  Kemarau Panjang dan Krisis Air Melanda, Tukang Gali Sumur di Bone Banjir Orderan

“Peringatan Hari Jadi Bone tahun ini dengan mengenang kembali semangat histori dan kejayaan Kerajaan Bone di masa lampau yang kental dengan nilai budaya dan agama,” kata Islamuddin.

Islamuddin juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bone di momentum HJB ke-694, sejarah Bone yang kaya budaya dan agama menjadi spirit membangun kabupaten Bone.

“Semoga dengan rangkaian tersebut, kita tidak melupakan sejarah dan menjadikan semangat membangun daerah yang kita cintai,” kata mantan Kepala ini.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang Bone yang datang dari luar Bone. Terkhusus Pj , dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi.

Baca Juga:  Selfi Tani Melaju ke Semifinal Join Cup 2024, Sang Manajer Harap Tembus ke Final

“Kehadiran orang Bone siap berkontribusi untuk kemajuan Bone dan Sulawesi Selatan, utamanya kepada Kapolda Sulsel dan Pj Gubernur Sulsel atas kecintaan ke Bumi Arung Palakka,” kata .

Dia juga menyebutkan sejumlah Kapolda Sulsel kepada masyarakat Bone. Mulai dari membangun gedung SDN desa Tapong kecamatan Tellu Limpoe, bantuan 53 lampu tenaga surya di Sumpang Labbu, dan revitalisasi makam Arung Palakka di Gowa.

“Demikian pula dengan Bapak Pj Gubernur Sulsel yang memberikan
bantuan keuangan Bone 117 miliar, menghibahkan sejumlah gedung aset provinsi ke ,” ujarnya.

Baca Juga:  Masya Allah, PT Ceria Santuni Ratusan Santri Penghafal Alquran di Kolaka

Pada kesempatan itu, hadir
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, Anggota DPR RI Andi Muawiyah Ramli, dan .

Selain itu, hadir pula Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, Pj Bupati Luwu, Muh Saleh dan Pj , Asrul Sani.

Perwakilan Kerajaan Kraton Nusantara dan perwakilan Kesultanan Selangor Malaysia juga turut hadir. (**)