BONE, TEROBOS.ID – Kapolda menghadiri bakti sosial, dan bakti sekaligus pasar murah yang digelar di lapangan Merdeka , kabupaten Bone, (Sulsel), Senin (08/01/2024).

Setibanya di lokasi, jenderal bintang dua ini langsung menyapa warga Bone yang memadati lapangan Merdeka.

Dalam sambutannya, mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim itu bercerita kelahiran dan asal-usul leluhurnya.

“Saya lahir dan besar di . Saya lahir tahun 1968, kemudian sekolah SD, SMP dan SMA. Saya selesai semuanya di Kota Makassar,” jelas Andi Rian.

Rian mengatakan, kalau leluhurnya berasal dari dua kabupaten yakni Bone dan Wajo.

“Leluhur saya berasal dari kabupaten Bone dan Wajo. Puang kakek saya Andi Yusuf Daeng Palallo itu lahir dan dimakamkan di Bone, makam beliau di halaman masjid Mujahidin atau masjid laungnge. Kemudian Petta latoku (kakeknya) Bung Jabbar itu beliau dimakamkan di Bukaka,” ujarnya.

Baca Juga:  Mentan RI Kunker di Kampung Halaman, Satlantas Polres Bone PAM Jalur

“Tadi malam saya sampaikan ke pak bupati bahwa sekitar 42 atau 43 tahun yang lalu semasa bupati di sini Andi Syamsul Alam itu adalah paman saya, waktu itu saya menginap di rumah jabatan ini,” imbuhnya.

Ia pun menyampaikan kunjungan terakhirnya di Bone sekitar 30 tahun yang lalu.

“Kunjungan saya sejak mulai kemarin itu adalah 30 tahun setelah kunjungan terahir saya ke kabupaten Bone. Saya mengunjungi Bone terakhir di tahun 1994. Pada saat baru saja sama istri kemudian saya mengajak untuk masuk kampung massiara (berziarah) kemudian siruntu silessurangnge (ketemu keluarga), dan itulah menjadi kunjungan saya yang terahir,” kata mantan Kapolda Selatan ini di hadapan warga Bone.

Baca Juga:  Siap Menjadi Bupati, Mantan Kadis Pendidikan Bone Daftar di Demokrat

Andi Rian juga merasa bersyukur bisa kembali ke sejak menjadi perwira polisi.

“Alhamdulillah, setelah 32 tahun saya menjadi perwira polisi barulah tahun 2023 saya diberikan amanah kembali ke tanah kelahiran, tanah leluhur saya di Selatan,” ucapnya.

Olehnya itu, setelah menjabat yang pertama baru Kabupaten Bone.

“Kunjungan kerja saya yang ke-2 setelah kabupaten Wajo adalah kabupaten Bone,” sebutnya.

Rian berharap kedatangannya kali ini membawa berkah, dan bisa bertemu langsung dengan masyarakat.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Traffic Light yang Rusak, Ini Penjelasan Dishub Bone

Pada kesempatan itu, lulusan Akpol 1991 ini memohon doa restu dan dukungan kepada semua masyarakat, agar tetap amanah menjalankan tugas sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

“Ini bisa saya jalankan dengan baik dan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya masyarakat kabupaten Bone dan tidak mappakasiri (bikin malu).” harapnya.

Sekadar informasi, sejak 7 Desember 2023 Andi Rian Ryacudu Djajadi mengemban amanat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan.

Andi Rian menggantikan Kapolda Sulsel sebelumnya, Setyo Boedi Moempoeni Harso, yang mendapat jabatan baru sebagai analisis kebijakan utama bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.