TEROBOS.ID atau World Press Freedom Day, diperingati setiap tahunnya pada 3 Mei untuk memperingati deklarasi Windhoek tentang kebebasan ekspresi dan informasi, dan mengenai prinsip-prinsip pers bebas yang disusun oleh surat kabar Afrika di Windhoek, Namibia pada 3 Mei 1991.

Di tahun 2023 ini, tema yang diusung, yakni “Shaping a Future of Rights: Freedom of expression as a driver for all other human rights” atau Membentuk Masa Depan Hak: Kebebasan berekspresi sebagai pendorong untuk semua hak asasi manusia lainnya.

Tujuan dari perayaan Hari Kebebasan Pers Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebebasan pers dan untuk memperingatkan tentang pelanggaran hak-hak pers yang terjadi di seluruh dunia.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Jurnalistik, Puluhan Wartawan Ikuti Pelatihan di Malino

Kebebasan pers adalah hak asasi manusia yang sangat penting. Tanpa kebebasan pers, sulit bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya tentang yang terjadi di dunia.

Kebebasan pers juga sangat penting dalam menjaga akuntabilitas pemerintah dan dalam memperjuangkan hak-hak sipil dan politik.

Sayangnya, di banyak negara di seluruh dunia, kebebasan pers masih terbatas atau bahkan ditekan oleh pemerintah atau kelompok tertentu.

dan media sering kali menjadi target intimidasi, ancaman, atau bahkan kekerasan karena melaporkan tentang isu-isu yang sensitif atau kontroversial.

Baca Juga:  Kadis Kominfo Sultra Bersama Bawahannya Rutin Senam Jantung Sehat

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memperjuangkan kebebasan pers dan memastikan bahwa jurnalis dan media memiliki lingkungan yang aman dan terjamin untuk melaksanakan tugas-tugas mereka.

Kita semua dapat berperan dalam memperkuat kebebasan pers dengan mendukung jurnalisme yang independen dan bertanggung jawab, serta dengan memperjuangkan kebebasan pers di seluruh dunia.

Generasi bangsa harus bisa memanifestasikan kebebasan pers! Selamat memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional. (***)