BONE, TEROBOS.ID Kendati tinggal sehari, namun ribuan warga , Provinsi Selatan, berpotensi tidak dapat menggunakan hak pilihnya lantaran belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Selasa (13/2/2024).

Hal itu terjadi, karena aplikasi perekaman KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil () Bone sedang bermasalah di H-1.

Akibatnya, ribuan warga yang sudah mengantri sejak kemarin hanya bisa pasrah sembari menunggu kapan aplikasi itu bisa berjalan normal.

Baca Juga:  Jodoh Lintas Benua, Pria Turki dan Gadis Bugis Bone Gelar Resepsi

“Sudah empat jam lebih kita di sini (Disdukcapil) belum ada yang melakukan perekaman e-KTP,” ujar salah seorang warga bernama Vira yang ditemui pada Selasa (13/2/2024) siang.

Vira yang juga merupakan tersebut mengaku sudah dua hari tidak masuk sekolah, demi keperluan KTP-el.

Hal itu dilakukan agar ia bisa menunaikan kewajibannya sebagai Warga Negara (WNI) untuk mencoblos di Pemilu 2024 ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Bone H Andi Saharuddin yang dikonfirmasi awak media mengaku pasrah atas kondisi ini.

Baca Juga:  Hadiri Munas III LIRA, Rombongan DPW Sultra Bertolak ke Batam

Kendati demikian, pihaknya masih sementara sedang meng-update sistem SIAK terbaru dari pusat, namun belum bisa memastikan kapan itu bisa normal.

“Tidak ada info jam berapa selesai. Kami semua Dukcapil seluruh Indonesia tinggal menunggu selesainya update sistem,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner , Zainal yang dikonfirmasi terpisah hanya membolehkan warga memberikan hak pilihnya jika memiliki KTP-el ataupun suket.

“Warga yang bisa ikut nyoblos sesuai aturan bagi yang memiliki undangan pemilih, dan wajib juga melampirkan KTP-el atau suket,” jelasnya.

Baca Juga:  Resmikan RS Hamuna, Bupati Bone Harap Pengelola Tingkatkan Pelayanan

BURHAN