KENDARI, TEROBOS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah mempersiapkan bulan (PRB) Nasional ke-XI tahun 2023. untuk menyukseskan agenda tersebut, kini persiapan mulai digalakkan.

“Sejumlah persiapan sementara berlangsung saat ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ridwansyah Taridala, Sabtu (12/8/2023).

Sekda menyebutkan, persiapan ini tengah dimulai dari infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan PRB, seperti penataan gerbang batas kota Baruga (Kendari) – Ranomeeto () yang memiliki arti yang sangat penting dan strategis, karena ini adalah tanda awal mulai masuk ke wilayah Kota Kendari.

Baca Juga:  Lestarikan Kearifan Lokal, Gunung Jati Expo 2022 Digelar

Event nasional () ini bakal berlangsung di bulan Oktober mendatang, dan akan dipusatkan di Kota Kendari.

“Pemerintah Kota Kendari dan segenap warga Kota Kendari, Alhamdulillah berterimakasih dengan kepercayaan pemerintah pusat dalam hal ini BNPB, provinsi untuk menjadikan Kendari sebagai tempat penyelenggaraan bulan Pengurangan Risiko Bencana,” ungkap Ridwansyah Taridala saat melaksanakan Wisata Bersih Teluk Kendari.

Pembersihan Teluk Kendari atau wisata pungut sampah Teluk Kendari ini, selain merupakan agenda resmi Pemerintah Kota setiap akhir pekan, kegiatan ini juga merupakan sebuah rangkaian pengurangan risiko bencana di laut.

Baca Juga:  Desa Puuroda Wakili Kolaka Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Sultra

“Pembersihan Teluk Kendari ini sudah kalender resmi di Kota Kendari. Makanya kami kemas dalam bentuk wisata pungut sampah di laut karena ini adalah tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan seluruh terkait di Kota Kendari. Kelestarian Teluk Kendari ini menunjukkan karakteristik wilayah Kota Kendari sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Sekadar informasi, acara bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 lalu digelar di Kota , . (*)