BONE, TEROBOS.ID HA Fahsar M Padjalangi meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk menjaga toleransi selama bulan Ramadhan 1443 H.

“Saya meminta semua pihak, mari menjaga toleransi beragama di , jaga diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita,” kata Fahsar saat memimpin rapat di Baruga La Teya Riduni, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone, Selasa (29/3/2022).

Rapat tersebut mengangkat tema dengan meningkatkan kerukunan antar umat beragama yang dilandasi toleransi dan saling menghormati serta tetap memperhatikan protokol di Kabupaten Bone.

Baca Juga:  Diduga Gegara Jalur Pemuatan ke Tongkang Ditutup Penyebab Keributan di Jetty KMR

Kata Fahsar, toleransi dapat diwujudkan dengan hal-hal yang sederhana seperti tidak menunjukkan sikap demonstratif tidak berpuasa di tengah masyarakat.

“Bagi yang tidak berpuasa non muslim maupun muslim, jangan demonstratif memperlihatkan di tengah-tengah masyarakat, demikian pula dengan warung jangan ada buka, tidak ada istilah warung buka setengah-setengah,” kata Bupati disambut tawa tamu peserta rapat.

Dalam momentum Ramadhan lanjuta Bupati, mesti juga menjaga harga pangan di pasar dengan melakukan operasi pasar.

“Kita rencana lakukan operasi pasar mulai 10 -15 Ramadan, 20 -25 Ramadan, hal ini bisa menjaga perkembangan pertumbuhan , menjaga dan membantu warga kurang mampu,” jelas Fahsar.

Baca Juga:  Galeri Foto Klub Sepakbola Indonesia Persija Jakarta

Selain itu, Bupati Bone dua periode itu juga meminta segenap Kabupaten Bone untuk tidak melakukan . Kendati demikian, bagi masyarakat tetap dibolehkan untuk menggelar buka puasa bersama.

“Kemudian ini yang menarik, pejabat tidak diperkenankan melaksanakan buka puasa bersama sesuai instruksi presiden untuk menjaga laju pandemi Covid 19,” kata Fahsar.

Terakhir, Bupati Bone menyampaikan adanya pelonggaran protokol kesehatan dibolehkan merapatkan saf jemaah masjid.

“Pemerintah menerapkan sejumlah pelonggaran aturan menyusul melandainya kasus positif kembali merapatkan saf jemaah masjid, tidak ada lagi pembatasan saat tarawih, tetapi tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker,” kata Bupati Bone. (***)

Baca Juga:  Pj Bupati Koltim Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan pada Pembukaan Turnamen Sepak Bola