SINJAI, TEROBOS.ID – Upaya peningkatan kesejahteraan nasional terus digenjot dengan melibatkan segenap Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Hal itu disampaikan , Gadhista Asapa, usai mengikuti nasional dalam rangka pengendalian bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di ruang kerja rujab bupati, Rabu (25/08/2021).

Presiden RI, Joko Widodo yang resmi membuka pembukaan Rakornas tersebut di ,

dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena di tengah ketidakpastian saat ini perekonomian semakin baik dengan tingkat inflasi terkendali.

Baca Juga:  Dua Tahun Berturut-turut, Kabupaten Bone Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik se-Sulsel

Dikatakan pula, meminta agar Rakornas TPID 2021 ini untuk tetap fokus menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga barang pokok, dan juga proaktif juga mendorong sektor ekonomi agar tumbuh makin produktif.

Bupati Andi Seto menambahkan bahwa beberapa beberapa program yang dicanangkan TPID melibatkan beberapa unsur untuk menekan laju inflasi. Salah satunya adalah program “Gertak Sehati” (Gerakan tanam cabai sehat tekan inflasi) yang merupakan kontribusi dari terkait.

“Alasannya karena cabe merupakan salah satu komoditi yang sering mengalami kulturasi harga yang mempengaruhi laju inflasi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pelaku Usaha dan Pendamping UMKM Kendari Silaturahmi Bersama Wali Kota

Didampingi Kabag Perekonomian Dan SDA, Bupati Andi Seto mengatakan akan mencanangkan program aplikasi pemantauan harga untuk melihat perkembangan harga suatu komoditi sehingga Pemerintah mampu secara sigap nantinya mengambil kebijakan.

“Sesuai tema “Mendorong Peningkatan Dan Peran Pangan Melalui Optimalisasi Digitalisasi Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomin Dan Kestabilan Harga Pangan” tersebut, Pemda Sinjai juga telah bekerja sama dengan pihak perbankan telah melakukan digitalisasi dengan beberapa UKM. Sehingga para pelaku UKM mampu memasarkan produk dengan mudah,” jelasnya.

Baca Juga:  Kementerian Pertanian dan DPR RI Gelar Bimtek di Bone, AAP: Saya Minta Jatah Pupuk Ditambah

“Insya Allah, sebisa mungkin kita akan menekan laju inflasi dengan strategi dan program yang kita jalankan sekarang,” pungkasnya. (**)