, TEROBOS.ID Pemerintah akan membuka pendaftaran rekrutmen () mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024.

Calon pelamar dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id.

Tahun ini, pemerintah menyediakan sebanyak 250.407 formasi CPNS yang tersebar di instansi pusat dan daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa kesempatan untuk menjadi abdi negara terbuka lebar bagi putra-putri terbaik bangsa.

Oleh karena itu, calon pelamar diimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik serta memahami syarat dan tata cara pendaftaran yang berlaku.

“Tahun ini terdapat 250.407 formasi yang kita sediakan untuk talenta-talenta baru lulusan perguruan tinggi terbaik (fresh graduate). Formasi ini terbagi menjadi 114.706 untuk instansi pusat dan 135.701 untuk instansi daerah,” ujar Menteri Anas, di Jakarta, Kamis (15/08/2024).

Baca Juga:  Anggota Komisi IV DPR RI Datangi Bawaslu Bone, Ternyata Ini Tujuannya

Menteri Anas juga mengimbau calon pelamar agar aktif mencari informasi dari sumber yang tepercaya, seperti website dan media sosial resmi milik , (BKN), serta instansi pemerintah terkait.

Selain rekrutmen CPNS, pemerintah juga akan membuka rekrutmen () dalam waktu dekat.

“Rekrutmen PPPK ini akan dilakukan secara bertahap untuk melanjutkan penataan tenaga non- atau honorer yang saat ini sedang dalam proses verifikasi dan validasi,” jelas Anas, sebagaimana dikutip dari laman menpan.go.id, Sabtu (17/8/2024).

Baca Juga:  K-PAS PMII IAIN Bone Gelar Peringatan Hari Lahir ke-14

Kementerian PANRB telah menetapkan kebijakan terkait Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024 melalui Keputusan Menteri PANRB No. 320/2024 tentang Mekanisme Seleksi Pengadaan PNS T.A 2024 dan KepmenPANRB No. 321/2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS T.A 2024. Pada tahun ini, kebutuhan PNS terbagi menjadi Kebutuhan Umum dan Kebutuhan Khusus.

Kebutuhan Khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora, putra/putri , putra/putri , serta putra/i daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

“Kami membuka peluang yang lebih besar bagi fresh graduate dibanding tahun sebelumnya, mengingat jumlah formasi yang tersedia tahun ini relatif lebih besar,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Plt. Kepala BKN No. 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024, pengumuman seleksi akan dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah pada 19 Agustus – 2 September 2024, dan pendaftaran akan dimulai pada 20 Agustus – 6 September 2024.

Baca Juga:  DPC PKB Kolaka Utara Berikan Bantuan Sembako ke Wartawan

Menteri Anas menegaskan bahwa pelaksanaan rekrutmen CPNS tahun ini akan berlangsung transparan dan bebas dari praktik kecurangan.

“Seluruh tahapan seleksi mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan CAT, hingga penentuan kelulusan sudah terintegrasi dan terkomputerisasi. Dengan sistem ini, tidak ada celah bagi kecurangan atau praktik calo. Kesuksesan peserta sepenuhnya ditentukan oleh kemampuan mereka sendiri,” tutup Anas.

Ada pun jadwal lengkap dapat diunduh melalui laman BKN: https://www.bkn.go.id/unggahan/2024/08/S-Instansi-Jadwal-Seleksi-CPNS-Tahun-2024-1.pdf