KONUT, TEROBOS.ID Perkemahan yang digelar di Desa Lahimbua Kecamatan Andowia, Konawe Utara (Konut), Tenggara (), dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta Jamcab tahun 2022 ini.

Perkemahan Jambore Pramuka tersebut dibuka langsung oleh ketua Majelis Pembimbing Cabang Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin pada tanggal 22 Maret 2022 lalu.

Sejumlah kegiatan pun dilakukan seperti pagi, estafet bola pimpong, permainan tradisional (bakiak), teknologi informatika, pembuatan blog sederhana, panahan dan penjelajahan.

Tak hanya itu, ada juga kegiatan pionering, simulasi penanggulangan bencana serta kegiatan dan reportase.

Ketua kwarcab gerakan pramuka Utara, Ikbar mengatakan bahwa di dalam kegiatan Jambore cabang yang sedang digelar di bumi perkemahan Lahimbua ini, adalah salah satu kegiatan yang dapat melatih dan mengasah kemampuan serta skill kepada pembina dan peserta.

Baca Juga:  SMK Negeri 5 Bone Persiapkan 10 Siswa Terbaik untuk Pemagangan di Jepang

“Di dalam agenda kegiatan ini, insha Allah akan menjadi bahagian bekal bagi gerakan Pramuka kita di daera ini. Selain itu juga nanti jika ada kegiatan pada tingkat Daerah di , serta kegiatan tingkat nasional, adik-adik pramuka penggalang tersebut, mampu berdaya saing di luar daerah,” harap Ikbar, yang juga Ketua DPRD Konawe Utara saat ini.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Konut, Alexander menambahkan bahwa dalam pelaksanaan seluruh jadwal kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia Jambore Cabang tahun ini.

Baca Juga:  Operasi Keselamatan di Bone, Satlantas Tindak Penggunaan TNKB Tidak Sesuai Spektek

“Itu tetap mengacu kepada program pramuka, mulai tingkat kwartir nasional maupun pada tingkat kwartir daerah ,” jelas Alexander.

“Kegiatan Jamcab yang berlangsung sejak tanggal 21 sampai 26 Maret 2022, ini sudah bagus. Meskipun memang masih ada yang perlu kita tingkatkan seperti life skill kepramukaan pada tingkat gugus depan,” sambung Alex, sapaan akrab Alexander.

Dikatakannya, dengan kepengurusan kwarcab gerakan pramuka Konut yang baru ini, sudah mulai kembali bangkit dan tentu visi misi gerakan pramuka Konut akan tetap bersinergi dengan program pemerintah sesuai arahan ketua Mabicap saat membuka acara kegiatan Jamcab.

Baca Juga:  Kapolres Konut Ajak Peran Masyarakat Berantas Narkoba, Segini Jumlah Pelaku Ditangkap

Menyikapi hal tersebut, para pembina gudep se-Konut menilai kerja keras kwarcab gerakan pramuka Konut, saat ini banyak kemajuan dan peningkatan dari sebelumnya.

Hal itu telah berdampak positif terhadap insan Pramuka di Bumi Oheo, Konawe Utara.

Untuk diketahui, kegiatan jambore cabang gerakan pramuka Konut tahun ini, tetap menerapkan protokol meskipun Wilayah berhasil meraih peringkat pertama pelaksanaan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sumber : Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Konawe Utara.