KENDARI, TEROBOS.ID berkekuatan magnitudo 3,7 mengguncang wilayah , , Selasa (20/8/2024), sekira pukul 01.30 WITA.

Berdasarkan informasi dari , Klimatologi, dan Geofisika (), episenter gempa terletak pada koordinat 4.08 LS dan 121.93 BT, berjarak sekitar 9 km tenggara dari pusat Timur, dengan kedalaman hiposenter mencapai 5 km.

Menurut BMKG, gempa bumi ini tergolong sebagai gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Lainea di wilayah tenggara Kolaka Timur.

Baca Juga:  Sah, Polres Kolaka Timur Kini Resmi Dikukuhkan

Getaran gempa dilaporkan dirasakan oleh warga di Kabupaten Kolaka Timur dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran terasa jelas di dalam rumah dan seolah-olah ada truk besar yang melintas.

Meski demikian, Kepala , Rudin menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini.

“BMKG juga memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Selain itu, hingga pukul 04.35 WITA, belum terdeteksi adanya gempa susulan di wilayah tersebut,” kata Rudin, melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Terobos.id, Selasa (20/8/2024).

Baca Juga:  Si Jago Merah Mengamuk di Koltim, Rumah dan Kios Ludes Terbakar

Rudin mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat diimbau untuk memeriksa kondisi bangunan tempat tinggal masing-masing, guna memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan sebelum kembali masuk ke dalam rumah,” jelasnya. (Ril/Yus)