SINJAI, TEROBOS.ID – Personel Polsek Sinjai Timur, Bripka Muhammad Sabir, melaksanakan kegiatan sambang di daerah binaannya, tepatnya di Dusun Bilalang, Desa Kaloling, Kecamatan Sinjai Timur, , Selatan, Rabu (27/7/2022).

Muhammad Sabir menyampaikan berbagai informasi atau imbauan kepada warga termasuk tentang () terhadap hewan .

Dalam kesempatan itu, Muhammad Sabir mengunjungi salah satu peternak sapi di desa binaannya dengan menyampaikan bahwa adanya PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Baca Juga:  Besok, Dewan Pers Gelar UKW di Kendari, Ini Jumlah Pesertanya

Dalam penyampaiannya kepada masyarakat, agar melihat gejala seperti cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung dan teracak/kuku hewan yang terinfeksi juga hewan tidak mampu berjalan (pincang), air liur berlebihan dan hilang nafsu makan.

Olehnya itu, ia menyarankan kepada warga untuk tidak memperjualbelikan ternaknya, apabila menemukan tanda atau gejala tersebut.

“Kami mengimbau pemilik kepada peternak sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melaporkannya,” tutupnya. (**)

Baca Juga:  Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Personel Polresta Kendari Jalani Tes Urine