, TEROBOS.ID – Penurunan level PPKM di sejumlah daerah berimbas kepada bergeliatnya kembali pasar tradisional.

Transaksi bisnis langsung secara fisik antara pembeli dan pedagang di sejumlah pasar tradisional menjadi perhatian ketua AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

La Nyalla pun meminta pemerintah untuk memprioritaskan kepada pedagang pasar tradisional.

Sebab, sambung La Nyalla, pedagang pasar tradisional hampir setiap hari selalu berada dalam kerumunan. Kondisi ini membuat para pedagang menjadi kelompok rentan tertular .

Baca Juga:  Panglima Berganti, Cucu Raja Bone Jabat Pangdam Hasanuddin

“Pedagang pasar tradisional itu setiap hari melayani pembeli. Mereka selalu berada di pusaran kerumunan. Maka, saya menilai mereka merupakan kelompok yang perlu mendapat prioritas vaksinasi,” kata La Nyalla, Minggu (19/9/2021).

Untuk itu, La Nyalla mengapresiasi langkah pemerintah melalui / yang melakukan pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional Pasar Induk Lau Cih Medan. Ia berharap langkah serupa dilakukan di pasar-pasar induk lain di daerah.

Menurut Senator asal itu, langkah yang dilakukan akan semakin mempercepat penciptaan kekebalan tubuh komunal atau yang menjadi program utama pemerintah di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga:  K-PAS PMII IAIN Bone Gelar Peringatan Hari Lahir ke-14

“Saya mengingatkan kepada para kepala daerah agar vaksinasi menyasar kelompok-kelompok yang potensial terlibat kerumunan seperti pasar tradisional agar roda melalui perdagangan bergerak terus,” ujar dia.

La Nyalla juga mengingatkan kepada kepala daerah agar mencapai target vaksinasi. Pasalnya, pemerintah telah mewanti-wanti jika vaksinasi tidak mencapai target maka, PPKM dapat

Diperpanjang terus. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap percepatan pemulihan ekonomi.

Menurut La Nyalla, vaksinasi akan berdampak positif pada hampir seluruh sektor sendi-sendi kehidupan masyarakat. Tak hanya dari aspek belaka, program vaksinasi juga berkaitan erat dengan pergerakan ketahanan ekonomi nasional.

Baca Juga:  Wow! Koleksi Benda Pusaka dan Keris Abad 17 Dipamerkan di Sidoarjo

“Vaksinasi ini bukan hanya soal kesehatan belaka. Ada faktor penting lainnya yakni ketahanan ekonomi. Ketika vaksinasi berjalan sukses, maka perekonomian dasar masyarakat akan kembali bergerak. Dengan demikian, kehidupan masyarakat juga akan kembali berjalan,” tutur La Nyalla. (Rls)