TEROBOS.ID Menteri Pemberdayaan Perempuan dan (PPPA), Bintang Puspayoga, memberikan apresiasi tinggi kepada atas pembentukan Direktorat Tindak Pidana Perempuan dan Anak (PPA) serta Pidana Perdagangan Orang (PPO) di bawah Bareskrim . Direktorat ini dipimpin Brigjen Pol Desy Andriani.

“Kementerian PPPA sangat menghargai pembentukan Direktorat PPA dan PPO di Bareskrim . Penanganan kasus yang melibatkan perempuan dan anak membutuhkan kecepatan, pendekatan yang komprehensif, serta harus berlandaskan pada kepentingan terbaik bagi korban,” ujar Bintang dalam siaran persnya, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga:  Gantikan Posisi Hendra, Kapolri Tunjuk Brigjen Anggoro Jadi Plh Karopaminal

Bintang berharap, dengan adanya Direktorat ini, penanganan kasus tindak pidana yang melibatkan perempuan dan anak akan lebih terpadu dan cepat.

Keberadaan satuan yang khusus menangani isu ini akan memperkuat proses penegakan , sekaligus menciptakan rasa aman bagi para korban.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya empati dan kepekaan dari petugas terhadap trauma yang dialami korban, sehingga mereka tidak merasa takut untuk melaporkan kejadian.

“Kami optimis bahwa setiap kasus akan ditangani di bawah satu komando yang terintegrasi. Koordinasi yang lebih baik antar-pihak akan mempercepat penanganan, sehingga korban tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan keadilan,” kata Bintang.

Baca Juga:  Refleksi Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Kapolri Ajak Masyarakat Bersatu Melawan Corona

“Layanan yang menyeluruh akan memastikan korban memperoleh dukungan psikologis, medis, dan hukum yang mereka butuhkan untuk kembali bangkit,” tambahnya.

Ia juga menegaskan, bahwa Kementerian PPPA akan terus bekerja sama dengan Polri untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi perempuan, dan anak di . Pemerintah berkomitmen untuk membebaskan perempuan dan anak dari kekerasan dan eksploitasi.

Bintang mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya perlindungan perempuan dan anak, dengan segera melaporkan jika ada yang melihat atau mendengar kekerasan melalui layanan SAPA 129, baik melalui call center 129 atau WhatsApp di 08111 129 129.

Baca Juga:  Berhadiah Puluhan Jutaan Rupiah, Polda Sulsel Gelar Festival Lomba Mural

Seperti diketahui, Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menunjuk Brigjen Pol Desy Andriani sebagai Direktur PPA dan PPO melalui Surat Telegram Nomor ST/2100/IX/KEP/2024 pada 20 September 2024.

Selain itu, delapan perwira menengah lainnya juga ditunjuk untuk memperkuat penanganan tindak pidana di beberapa wilayah, sebagai tindak lanjut dari PERKAP Nomor 3 Tahun 2024. (**)