KENDARI, TEROBOS.ID Pemerintah , Tenggara () sedang menyusun rancangan penataan kawasan Tugu Persatuan.

Hal itu dilakukan sebagai persiapan jika nantinya telah mendapatkan hak pengelolaan kawasan tersebut.

Rancangan penataan kawasan Tugu Persatuan disampaikan dalam rapat yang dipimpin di ruang pola kantor Balai Kota Kendari, Kamis (12/1/2023).

Dalam rancangan awal itu, pemerintah Kota Kendari akan memasukkan kembali seluruh pedagang ke dalam kawasan Tugu Persatuan, agar kawasan parkiran bisa dikembalikan pada fungsinya dan tidak menimbulkan ke-kumuh-an.

Baca Juga:  Terima SK Perpanjangan, Asmawa Tosepu Kembali Dipercaya Jabat Pj Wali Kota Kendari

Dalam rapat tersebut, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah () memberikan saran dan masukan agar penataan pedagang bisa maksimal, namun tidak menghilangkan fungsi ruang publik di kawasan itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari menjelaskan, kawasan Tugu Persatuan akan dipertahankan fungsinya sebagai ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Akan diberikan kesempatan pada forum CSR dalam hal ini perbankan untuk mengkontribusi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan masyarakat khususnya kalangan di kawasan Tugu Persatuan,” kata Asmawa.

Baca Juga:  Rangkaian HUT ke-192 Kota Kendari, Jalan Sehat Berhadiah Mobil Digelar

Asmawa juga menegaskan akan memberikan keringanan pada pelaku UMKM yang akan ditempatkan dalam kawasan Tugu Persatuan.

Bahkan kata dia, Pemkot Kendari akan membebaskan sejumlah retribusi pada mereka selama beberapa bulan pasca pemindahan. Ini dilakukan agar geliat dikawasan itu bisa bertumbuh.

Selanjutnya, desain kawasan Tugu Persatuan akan segera difinalkan berdasarkan masukan dan sejumlah pertimbangan, seperti tata letak, estetika, etika termasuk fungsi kawasan itu. (**)