MAKASSAR, TEROBOS.ID Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, melakukan pengujian kelaikan terhadap (RIB) yang merupakan tahapan proses pengujian kelayakan suatu pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kemhan.

Pengujian itu dilakukan di Pelabuhan Polairud, Jl Ujung Pandang  , (), Jumat (15/07/2022).

menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Komando Atas untuk mendukung pelaksanaan tugas jajaran Kodam.

Olehnya itu, ia berharap dengan adanya kapal RIB tersebut, bisa mendukung tugas-tugas yang diembankan oleh Pembekalan Angkutan yang ada di wilayah .

Baca Juga:  Pangdam Hasanuddin Hadiri Haul 40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla

“Kita tau bahwa terdapat banyak pulau-pulau di sekitar kita di wilayah Selatan, sehingga sangat cocok jenis kapal ini karena memiliki stabilitas pada sisi kiri dan kanan, banyak satuan-satuan kewilayahan dan ini merupakan salah satu armada untuk memperlancar tugas-tugas mereka di sana, baik itu untuk dukungan personel maupun materil khususnya logistik dan juga dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Mayjen Andi mengatakan bahwa terdapat 6 unit kapal yang diterima dari Komando Atas dan akan dibagikan ke tiga tempat wilayah tanggung jawab Kodam XIV/Hasanuddin.

Baca Juga:  Prajurit Kodim Kendari Berbagi Takjil Gratis ke Pengguna Jalan

“Sebanyak 6 unit kapal RIB ini akan dibagikan kepada Denjasaang XIV-44-13 yang bermarkas di Makassar sebanyak 2 unit, Denbekang XIV-44-03/Kendari ada 2 unit, dan Denbekang XIV-44-02/Pare-pare sebanyak 2 unit, dengan harapan agar dapat digunakan dengan semaksimal mungkin dan khusus untuk kepentingan tugas pokok,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kapal RIB ini memiliki spesifikasi tehnis yakni panjang kapal 12,07 m, lebar dengan Hypallon  3,275 m, luas bagian 2,714 m, kapasitas tangki BBM 1.370 liter, daya angkut max 7.214 kg, kecepatan 35 knot, kemampuan jelajah 200 Nm, bahan dari aluminium, daya angkut personel ABK dan penumpang 16 orang.

Baca Juga:  Salurkan Bantuan, Kapolres Soppeng Sambangi Warakawuri dan KBPP Polri

Konsumsi BBM/jam/mesin 105 liter, waktu tempuh full tank dengan kecepatan maks 6,5 jam, engine Yamaha 300 HP 2 unit, sistem kerja elektrika, dilengkapi alat navigasi dan komunikasi 1 set, telfon satelit 1 unit dan alat keselamatan life jaket 16 buah.

Dalam kesempatan itu, turut hadir mendampingi Pangdam, Irdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos, Kapok Sahli Pangdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Kaharuddin, para asisten, Perwira LO, Kapendam dan Kabekangdam XIV/Hasanuddin. (***)