BONE, TEROBOS.ID bekerjasama (LHK), menggelar dan rehabilitasi hutan dan lahan yang berlangsung di Hotel Helios, di , Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Anggota DPR RI Komisi IV, Andi Akmal Pasluddin, yang turut hadir menyampaikan bahwa pentingnya pengelolaan hutan yang baik untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Dia juga menyoroti pentingnya kesadaran lingkungan, dan keseimbangan dalam pengelolaan lahan.

Andi Akmal menekankan bahwa salah satu pemicu utama terjadinya bencana adalah pembabatan hutan yang terus-menerus, serta tambang- yang melanggar peraturan.

Baca Juga:  Tekan Angka Kecelakaan Akibat Jalan Berlubang, Satlantas Polres Bone Rakor Dengan PUPR

“Pengelolaan hutan harus dilakukan dengan baik. Kita harus terus melakukan penghijauan dan memastikan tambang-tambang ilegal tertangani dengan baik,” tegasnya.

Ia menyebutkan, selama berkiprah di Komisi IV DPR RI, dirinya bersama tim telah berupaya maksimal dalam program penghijauan.

Pihaknya telah membentuk 15 kelompok untuk penghijauan, dengan masing-masing kelompok mendapatkan anggaran 100 juta untuk penanaman pohon, termasuk durian musangking dibagikan.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak berlebihan dalam melakukan pembabatan di daerah pegunungan, meskipun minat terhadap penanaman jagung cukup tinggi.

Baca Juga:  Rumah Panggung dan Masjid di Bone Dilalap Si Jago Merah

“Dengan adanya ini, diharapkan akan tumbuh kesadaran dan komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan lingkungan, dan mengelola hutan serta lahan dengan lebih bijaksana,” imbuhnya. (*)