BUTON, TEROBOS.ID Pemerintah sebagai tuan rumah bersama pada Pekan Provinsi (Porprov) XIV Tahun 2022 menggelar Opening Ceremony perhelatan olahraga paling bergengsi di jazirah tenggara tersebut.

Open ceremony yang dihadiri semua kontingen dari 17 kota kabupaten se-Sultra berlangsung spektakuler, pada Sabtu (26/11/2022) malam, di Alun-alun Takawa, , Kabupaten Buton.

Pada kesempatan tersebut, berbagai pentas seni memeriahkan Opening Ceremony ini diantaranya mengawali pembukaan penonton disuguhkan dengan tampilan marching band Gita takawa asuhan Pemda Buton, dan Drum Corps (DC) Universitas Haluoleo.

Berbagai keluhuran budaya serta sejarah khususnya di Sulawesi Tenggara di antaranya menampilkan berbagai pertunjukan seni dan tarian daerah maupun kontemporer.

Dengan pertunjukan utama kolosal diantaranya Tari Lawati, Kambero, Ponare dan Tari Linda serta Tari Lumense. Lagu Wandidiu juga dinyanyikan yang dikuti Sandra tari.

Pada kemeriahan Opening Ceremony Porprov XIV Sulawesi Tenggara juga ditampilkan parade defile dari 17 Kabupaten/Kota se-Sultra oleh masing masing kontingen perwakilan masing masing daerah.

Api Porprov yang dibakar dipergelatan Porprov tersebut, disulut dengan menggunakan minyak alam yang terdapat di sumur tua yang mengandung minyak di Kawasan Minagasi, hutan Lambusango, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton.

Prosesi pengambilan minyak diawali dari rumah tetua kampung Lambusango, Parabela Lambusango selanjutnya menuju sumur minyak yang berkisar sekitar 8 km dari perkampungan.

Baca Juga:  Diolah Jadi Sabun Cuci, Limbah Jelantah Menjadi Berkah

Obor diserahkan oleh atlet legendaris Dayung asal Sulawesi Tenggara, La Anisi selanjutnya diserahkan pada Camat Kapontori la Ode Farihi. Oleh Camat Kapontori diserahkan pada Tetua Adat, Parabela Lambusango untuk di bawah di Kawasan Hutan Lambusango.

Mengawali sambutannya, Pj. Bupati Buton memberikan ucapan selamat datang untuk seluruh pihak dan terkhusus insan Olahrga Kabupaten Buton dalam rangka menghadiri acara ini dan tentu ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Ketua KONI yang telah mempercayakan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah bersama Porprov XIV Sultra Tahun 2022.

“Kami memohon maaf untuk hal-hal yang kurang dan semoga menjadi acuan di masa yang akan datang di Kabupaten Buton dan ucapakan terimakasih untuk TNI dan hingga pada acara penutupan nanti,” ucap Pj. Bupati Buton

Kepala BPKAD Sultra ini juga menyampaikan terima kasih pada seluruh pimpinan daerah telah mengirim kontingen dari seluruh kabupaten kota se-Sultra.

“Dan besar harapan kami Kabupaten Buton mendapat kesan dan cerita yang baik dalam pengembangan kegiatan olahraga di masa mendatang,” katanya.

Terakhir, Pj. Bupati berharap semoga pelaksanaan Porprov XIV di Buton-Baubau dapat berjalan sebagai mana mestinya dan melahirkan atlet berprestasi daerah dan bisa mengharumkan nama baik Sultra di tingkat nasional dan nama baik Indonesia di tingkat internasional.

Baca Juga:  Luar Biasa, Kades di Kolut Terpilih 10 Kepala Desa Perempuan Inspiratif se-Indonesia

Sementara itu, Ketua KONI Prov Sultra yang diwakili Ketua Harian, , Suwandi Andi, menyampaikan KONI Prov akan dilaksanakan 39 cabor dan pada saaat perhelatan mengajak untuk tetap sportivitas guna mencapai kegiatan pekan olahraga yang baik dan benar

Senada dengan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengucapkan terimakasih dan kepada gubernur atas penyelenggaraan Porprov tahun ini, mengingat setelah masa pandemi ini adalah pekan olahraga pertama yang diadakan di Sultra.

“Dari 17 kontingen kabupaten kota dukungan masyarakat Buton Baubau yang luar biasa sehingga dapat di artikan masyarakat Sultra menginginkan bahwa prestasi olahraga Sultra setelah covid lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Ketua KONI pusat.

Marciano berharap sesuai dengan yang diamanatkan dalam desain besar olahraga nasional dalam UU Nomor 11 Tahun 2022, Provinsi Sultra dapat berkonsentrasi pada cabor unggulannya, sebab dengan dukungan Kabupaten/Kota, prestasi Sultra akan meningkat.

“Oleh karena itu Porprov ini akan lahir atlit Sultra akan lahir di masa akan datang dan seluruh peserta selamat berjuang junjung tinggi sportivitas dan pecahkan rekor nasional juga internasional,” tutup Ketua KONI.

, ,  dalam sambutannya menyampaikan Porprov adalah wujud keseriusan Pemerintah Sultra dalam menjalankan amanah PPNo 7 2020 tentang penyelenggaran pekan dan kejuaraan olahraga di bawah masa pimpinannya

Baca Juga:  12 PNS Polda Sultra Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat dan Penyesuaian Ijazah

“Bagi kami penyelenggaraan porprov bagian dari program implementasi prioritas AMAN di bidang olahraga yang dikemas dalam Sultra sehat dan produktif,” tutur Gubernur Sultra.

Hal tersebut dikatakan karena olahraga merupakan salah satu variabel penting bagi kemajuan suatu daerah, karena dalam proses dan outputnya terkandung nilai pemberdayaan masyarakat pembentukan karakter dan identitas.

“Di sinilah urgensi porprov dan even olahraga lainnya dalam upaya pembinaan serta mengukir kemampuan atlit daerah dan terbangunnya budaya masyarakat untuk terciptanya kesejahteraan bangsa,” kata Ali Mazi.

Sebagai pimpinan daerah, Gubernur tentu sangat berharap agar Porpov ke XIV juga bisa terselenggara dengan baik atas dukungan seluruh untuk berjuang mencapai prestasi terbaik di daerah

“Agar semangat juang kontingen dari 17 kabupaten/kota pada hari hari pelaksanaan bisa membara, sehingga atlet Sultra bisa berjaya pada ajang PON di dan Sumatra Utara mendatang,” harapanya.

Di akhir sambutan, orang nomor satu di Sultra tak lupa memberi ucapan terimakasih kepada tuan rumah Kota Baubau dan Kabupaten Buton atas penyelenggaraan ini yang dihadiri ketua KONI Pusat kepada Ketua penyelenggaraan wasit dan juri untuk jujur dan amanah sehingga bisa bermanfaat bagi prestasi olahraga kedepan. (Ril)