KONAWE, TEROBOS.ID Guna meningkatkan hasil pertanian di , Ketua () Kabupaten Konawe Yusran Akbar, kembali membangun (JUT) sepanjang 800 meter, Rabu (07/02/2024).

Pembangunan JUT tersebut kali ini di Desa Andomesinggo, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Provinsi ().

Yusran Akbar menuturkan bahwa pembangunan JUT tersebut merupakan program peduli infrastruktur, dan ini sudah berjalan selama dua tahun, serta telah menyasar lebih dari 60 desa di Konawe.

Adapun infrastruktur yang dibangun atau ditingkatkan, kata pria yang akrab disapa YA ini yakni, pembuatan Jalan Usaha Tani, Normalisasi Sungai, Pembangunan dan perbaikan Jembatan, serta pembuatan pembuangan air ().

YA juga mengaskan bahwa tujuan dari KADIN Konawe peduli infrastruktur tersebut, yaitu sebagai bentuk upaya KADIN Konawe meningkatkan perekonomian sehingga memperbesar terciptanya peluang membuka usaha untuk masyarakat.

Baca Juga:  Pelaku Usaha dan Pendamping UMKM Kendari Silaturahmi Bersama Wali Kota

“Ini sebagai bentuk upaya KADIN Konawe meningkatkan perekonomian sehingga memperbesar terciptanya peluang membuka usaha untuk masyarakat. Karena jika infrastrukturnya bagus, warga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengangkut hasil pertanian, biaya pengangkutan pupuk. Selain itu, dampak dari JUT juga secara tidak langsung meningkatkan nilai ekonomis lokasi masyarakat,” ujar Yusran Akbar.

Yusran menambahkan, program KADIN Konawe peduli infrastruktur ini dapat merangsang terciptanya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah () sehingga perekonomian dapat meningkat dengan pesat.

“Saat biaya pengelolaan pertanian semakin kecil, maka pendapatan masyarakat akan meningkat sehingga membuka peluang besar bagi mereka untuk membuka usaha,” pungkasnya.

Baca Juga:  Berkunjung ke Virtue Dragon, Pangdam Harap Perusahaan Berdayakan Masyarakat

Sementara itu, Achmad, salah satu warga Desa Andomesinggo menuturkan bahwa dengan dibangunnya JUT tersebut maka warga akan dengan mudah mengakses jalan tersebut. Selain itu, jalan yang dulunya hanya dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua, kini sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat untuk mengangkut pupuk dan hasil pertanian mereka.

“Jujur saja, warga yang mayoritas sawit mengakui, jalan yang dibangun KADIN melalui program KADIN Konawe peduli infrastruktur telah lama kami idam-idamkan. Pasalnya, sebelum JUT dibangun, jalan yang kami gunakan sangat sulit dilalui karena sempit serta di penuhi semak belukar,” kata Achmad.

“Selain itu, pengangkutan pupuk atau hasil panen dulunya membutuhkan biaya yang relatif besar, namun dengan dibangunnya JUT tersebut, kami sebagai petani merasa sangat terbantu baik itu tenaga, waktu, maupun biaya,” terang Achmad.

Baca Juga:  Panen Perdana Padi Sawah Organik di Desa Masagena, Dihadiri 2 Bupati

Ia pun berharap agar program KADIN Konawe peduli infrastruktur terus berlanjut, karena dengan berjalannya program itu, semua kebutuhan warga yang berkaitan dengan pengelolaan pertanian sangat dipermudah.

Tak lupa Achmad juga mengucapkan terima kasih kepada Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Konawe karena telah membuat JUT sepanjang 800 meter di lahan perkebunan warga.

“Kami sangat berterimakasih atas program KADIN yang digagas langsung oleh Yusran Akbar karena bisa masuk ke kampung kami,” ucapnya.

Perlu diketahui, sebelumnya KADIN Konawe telah berkomitmen untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian dengan membangun dan meningkatkan sejumlah infrastruktur. (Adv)